Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tema Tugasku Sehari-hari Kelas II SD Berbasis Kecakapan Belajar dan Berinovasi Abad 21

AYU EKA ARSENI, PUTU (2020) Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tema Tugasku Sehari-hari Kelas II SD Berbasis Kecakapan Belajar dan Berinovasi Abad 21. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1729041081-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1729041081-ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729041081-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (200kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729041081-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729041081-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729041081-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (894kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1729041081-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729041081-DAFTAR USTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1729041081-LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan RPP tema Tugasku Sehari-hari kelas II berbasis kecakapan belajar dan berinovasi abad 21 yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangannya mengadopsi model 4-D dari Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: Define, Design, Develop, dan Dissemination. Tetapi pelaksanaannya dihentikan ditahap Develop. Uji coba lapangan dilakukan di 4 SD Gugus Pangeran Diponegoro, Denpasar Barat, Denpasar. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar keterlaksanaan pembelajaran, angket respon guru dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) RPP valid menurut penilaian 3 ahli dengan skor 0,72; (2) RPP sangat praktis menurut penilaian 4 praktisi dengan skor 4,4; (3) RPP sangat praktis menurut keterlaksanaan pembelajaran yang diamati oleh 2 orang ahli dengan skor 4,3; (4) RPP dinyatakan efektif berdasarkan skor uji t hasil postes siswa dengan t hitung > t tabel dan pengaruhnya dikategori sedang dengan skor 0,83.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: RPP, RPP berbasis kecakapan belajar dan berinovasi abad 21, kecakapan belajar dan berinovasi abad 21.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Putu Ayu Eka Arseni
Date Deposited: 02 Mar 2020 11:05
Last Modified: 02 Mar 2020 11:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1674

Actions (login required)

View Item View Item