PERSEPSI TERHADAP MATEMATIKA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KECEMASAN DAN PROKRASTINASI AKADEMIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 3 GIANYAR

Widiani, Ni Putu Cahya (2023) PERSEPSI TERHADAP MATEMATIKA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KECEMASAN DAN PROKRASTINASI AKADEMIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 3 GIANYAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913011005-COVER.pdf

Download (912kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913011005-ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (81kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (34kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913011005-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh persepsi matematika terhadap kecemasan dan prokrastinasi akademik. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan rancangan penelitian model persamaan struktural atau structural equation model (SEM). Populasi penelitian ini ialah siswa SMP di Kabupaten Gianyar. Sampel sebesar 213 siswa ditentukan dengan formula Isaac-Michael dan dipilih menggunakan teknik proportionate random sampling. Pengambilan data persepsi matematika, kecemasan dan prokrastinasi akademik dilakukan dengan menggunakan angket. Data dianalisis dengan structural equation model (SEM) dan sebelumnya dilaksanakan uji prasyarat yakni uji normalitas univariat, uji normalitas multivariate, uji linieritas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Analisis data dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel eksogen terhadap endogen dengan bantuan software LISREL 9.20. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwasannya model teoretik pengaruh persepsi matematika terhadap kecemasan dan prokrastinasi akademik teruji secara emperik. Selanjutnya, pengaruh persepsi matematika terhadap kecemasan dan prokrastinasi akademik mempunyai pengaruh langsung yang tidak signifikan terhadap kecemasan siswa sebesar 0,15. Selain itu, persepsi matematika memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap prokrastinasi akademik siswa sebesar 0,26. Maka dapat ditarik simpulan bahwasanya terdapat pengaruh persepsi matematika terhadap kecemasan dan prokrastinasi akademik pada siswa, diharapkan siswa dapat mengatasi hambatan tersebut dan mencapai kemajuan yang lebih baik dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: persepsi matematika, kecemasan, prokrastinasi akademik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Putu Cahya Widiani
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:18
Last Modified: 25 Jul 2023 07:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16750

Actions (login required)

View Item View Item