Widiani, Ni Putu Cahya (2023) PERSEPSI TERHADAP MATEMATIKA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KECEMASAN DAN PROKRASTINASI AKADEMIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 3 GIANYAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913011005-COVER.pdf Download (912kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913011005-ABSTRAK.pdf Download (91kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (81kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (34kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913011005-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh persepsi matematika terhadap kecemasan dan prokrastinasi akademik. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan rancangan penelitian model persamaan struktural atau structural equation model (SEM). Populasi penelitian ini ialah siswa SMP di Kabupaten Gianyar. Sampel sebesar 213 siswa ditentukan dengan formula Isaac-Michael dan dipilih menggunakan teknik proportionate random sampling. Pengambilan data persepsi matematika, kecemasan dan prokrastinasi akademik dilakukan dengan menggunakan angket. Data dianalisis dengan structural equation model (SEM) dan sebelumnya dilaksanakan uji prasyarat yakni uji normalitas univariat, uji normalitas multivariate, uji linieritas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Analisis data dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel eksogen terhadap endogen dengan bantuan software LISREL 9.20. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwasannya model teoretik pengaruh persepsi matematika terhadap kecemasan dan prokrastinasi akademik teruji secara emperik. Selanjutnya, pengaruh persepsi matematika terhadap kecemasan dan prokrastinasi akademik mempunyai pengaruh langsung yang tidak signifikan terhadap kecemasan siswa sebesar 0,15. Selain itu, persepsi matematika memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap prokrastinasi akademik siswa sebesar 0,26. Maka dapat ditarik simpulan bahwasanya terdapat pengaruh persepsi matematika terhadap kecemasan dan prokrastinasi akademik pada siswa, diharapkan siswa dapat mengatasi hambatan tersebut dan mencapai kemajuan yang lebih baik dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi matematika, kecemasan, prokrastinasi akademik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Cahya Widiani |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 07:18 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 07:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16750 |
Actions (login required)
View Item |