PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 2 BANJAR

Paramesti, Kadek Risma (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 2 BANJAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1917011043-COVER.pdf

Download (438kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1917011043-ABSTRAK.pdf

Download (83kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1917011043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (154kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1917011043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1917011043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1917011043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1917011043-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1917011043-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1917011043-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT). Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini sebanyak 31 orang siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Banjar dan objek penelitian ini yaitu hasil belajar siswa dengan mengimplementasikan pemodelan aktivitas belajar Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT). Teknik pengumpulan data mempergunakan tes serta dokumentasi. Instrumen penelitian yang dipergunakan yakni tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang dipergunakan ialah teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Data tersebut diperoleh dari tes hasil belajar peserta didik pada akhir siklus I dan siklus II. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 52,5 dengan tingkat persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 48,39% dan pada siklus II didapat nilai rerata hasil belajar peserta didik senilai 72,9 dengan tingkat persentase ketuntasan hasil belajar senilai 77,41%. Berlandaskan pada hasil kajian bisa ditarik simpulan bahwasanya pemodelan aktivitas belajar Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) mampu menumbuhkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Banjar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Ekonomi; Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1)
Depositing User: Kadek Risma Paramesti
Date Deposited: 24 Jul 2023 06:27
Last Modified: 24 Jul 2023 06:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16758

Actions (login required)

View Item View Item