Wahyudi, I Putu (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN AKTIVITAS RITMIK UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VI SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1816011036-COVER.pdf Download (289kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1816011036-ABSTRAK.pdf Download (58kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1816011036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (189kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1816011036-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1816011036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1816011036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1816011036-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1816011036-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1816011036-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video pada materi aktivitas ritmik untuk peserta didik kelas IV SD. Jenis penelitian yang diterapkan yaitu penelitian pengembangan melalui model ADDIE dengan mencakup lima tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Produk ini diuji validasi melalui ahli isi materi, ahli media, dan ahli praktisi lapangan. Subjek uji coba produk melibatkan 3 siswa dalam uji coba perorangan, 6 siswa pada uji coba kelompok kecil, dan 28 siswa terlibat pada uji coba lapangan. Pengumpulan data studi ini diambil melalui instrumen penilaian. Teknik analisa data yang dimanfaatkan yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Pada hasil validasi produk ditemukan hasil uji ahli isi pembelajaran sebanyak 96,92%, persentase uji media dan desain pembelajaran sebanyak 98,95%, persentase hasil uji praktisi lapangan 97,14% dengan masing-masing terkualifikasi sangat baik. Persentase uji coba produk diperoleh sebesar 98,33%, uji coba kelompok kecil 98,67%, serta uji coba lapangan sebanyak 97,96% berkualifikasi sangat baik. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa media berbasis video tutorial terkait materi aktivitas ritmik sangat layak diterapkan bagi siswa kelas VI sebagai rujukan dan media ajar untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Tutorial, Aktivitas Ritmik, ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | I Putu Wahyudi |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 07:44 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 07:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16931 |
Actions (login required)
View Item |