Wedayanti, Ni Putu Andria (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN ALAT PERAGA PASTUBAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI BENTUK ALJABAR SISWA KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913011050-COVER.pdf Download (960kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913011050-ABSTRAK.pdf Download (91kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (147kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011050-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011050-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011050-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913011050-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pemahaman konsep merupakan satu hal yang penting dalam matematika, sebab salah satu karekteristik matematika mempunyai obyek yang bersifat abstrak yang dapat menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami sebuah konsep. Siswa akan lebih mudah menyelesaikan soal matematika apabila terlebih dahulu mereka dapat memahami konsepnya. Selain itu pemahaman konsep yang baik dan benar dapat membuat siswa lebih mudah mengingat sebuah materi yang dibelajarkan oleh guru tanpa harus menghafal rumus. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experimental Design dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kuta Utara Tahun Ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling dengan kelas VII A sebagai kelas eksperimen, kelas VII E sebagai kelas pembanding, dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes pemahaman konsep matematika yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan hasil perhitungan reliabilitas butir soal sebesar 0,83. Data selanjutnya dianalisis dengan uji anova satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan alat peraga pastubar lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran terbimbing saja, dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan alat peraga pastubar lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alat Peraga Pastubar, Bentuk Aljabar, Pemahaman Konsep, Penemuan Terbimbing. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Andria Wedayanti |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 16:44 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 16:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16963 |
Actions (login required)
View Item |