Iswari, Kadek Gita Putri (2023) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kasus Pada Materi Sistem Imun untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAS Laboratorium Undiksha. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813041017-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813041017- ABSTRAK.pdf Download (136kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813041017- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (177kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813041017- BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1813041017_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813041017_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813041017_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813041017- DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (369kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813041017-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini secara umum bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis kasus pada materi sistem imun untuk siswa SMA yang layak dan praktis. Secara khusus, penelitian pengembangan bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat valid dan (2) kepraktisan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis kasus untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMAS Laboratorium Undiksha. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Subjek dari penelitian merupakan ahli pada bidangnya, pratisi dan informan dalam penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Data yang digunakan dalam penelitian ini dianalisis menggunakan metode teknik analisis statistik deskriptif kualitatif serta analisis statistik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penelitian, diperoleh hasil bahwa (1) LKS berbasis kasus dikembangkan dengan model ADDIE yang memuat pembelajaran berbasis kasus untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMAS Laboratorium Undiksha dapat dikatakan layak atau valid untuk digunakan. Hal ini sesuai dengan persentase validitas yang didapatkan oleh dua validator yaitu 76,8% yang dikategorikan valid.(2) kepraktisan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis kasus mendapatkan persentase sebesar 85,2% sehingga LKS dikategorikan sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis kasus pada materi sistem imun untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dapat digunakan sebagai alternatif baru sebagai media pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Siswa (LKS), materi sistem imun, , berbasis kasus, kemampuan berpikir kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Kadek Gita Putri Iswari |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 07:22 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 07:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17133 |
Actions (login required)
View Item |