Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kasus Pada Materi Sistem Imun untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAS Laboratorium Undiksha

Iswari, Kadek Gita Putri (2023) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kasus Pada Materi Sistem Imun untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAS Laboratorium Undiksha. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813041017-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813041017- ABSTRAK.pdf

Download (136kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813041017- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (177kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813041017- BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1813041017_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813041017_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813041017_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813041017- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (369kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813041017-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini secara umum bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis kasus pada materi sistem imun untuk siswa SMA yang layak dan praktis. Secara khusus, penelitian pengembangan bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat valid dan (2) kepraktisan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis kasus untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMAS Laboratorium Undiksha. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Subjek dari penelitian merupakan ahli pada bidangnya, pratisi dan informan dalam penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Data yang digunakan dalam penelitian ini dianalisis menggunakan metode teknik analisis statistik deskriptif kualitatif serta analisis statistik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penelitian, diperoleh hasil bahwa (1) LKS berbasis kasus dikembangkan dengan model ADDIE yang memuat pembelajaran berbasis kasus untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMAS Laboratorium Undiksha dapat dikatakan layak atau valid untuk digunakan. Hal ini sesuai dengan persentase validitas yang didapatkan oleh dua validator yaitu 76,8% yang dikategorikan valid.(2) kepraktisan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis kasus mendapatkan persentase sebesar 85,2% sehingga LKS dikategorikan sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis kasus pada materi sistem imun untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dapat digunakan sebagai alternatif baru sebagai media pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS), materi sistem imun, , berbasis kasus, kemampuan berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Kadek Gita Putri Iswari
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:22
Last Modified: 26 Jul 2023 07:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17133

Actions (login required)

View Item View Item