PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V DI SD GUGUS I GUSTI NGURAH RAI DENPASAR

Anggraini, Putu Ayu Diah (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V DI SD GUGUS I GUSTI NGURAH RAI DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129041054-COVER.pdf

Download (219kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129041054-ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041054-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (157kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041054-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041054-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041054-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041054-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041054-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129041054-LAMPIRAN.pdf

Download (982kB)

Abstract

Guru belum menggunakan model-model pembelajaran yang inovatif dan pembelajaran tergolong masih terfokus kepada guru. Pembelajaran yang diberikan oleh guru sebelumnya hanya dari perumpamaan saja yang menjadikan siswa kurang memahami materi yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SFAE berbantuan peta konsep terhadap minat dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD. Rancangan penelitian ini The Posttest Only Control Group Design. Jumlah populasi penelitian ini 175 siswa, sampelnya 63 siswa. Data minat belajar dikumpulkan dengan angket, sedangkan data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan tes. Hasil analisis menunjukkan : 1) Hipotesis pertama dengan Fhitung sebesar 173,029(p<0,05). 2) Hipotesis kedua dengan Fhitung sebesar 22,496(p<0,05). Dan 3) Hipotesis ketiga dengan Fhitung sebesar 90,955(p<0,05). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan minat dan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining berbantuan peta konsep dan kelompok siswa yang bukan dibelajarkan dengan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining berbantuan peta konsep pada siswa kelas V SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran SFAE, Peta Konsep, Minat Belajar, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Putu Ayu Diah Anggraini
Date Deposited: 26 Jul 2023 09:14
Last Modified: 26 Jul 2023 09:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17148

Actions (login required)

View Item View Item