Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Platform TikTok Untuk Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP di Singaraja

Dewi, I Gusti Ketut Kripna (2023) Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Platform TikTok Untuk Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP di Singaraja. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129091002-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129091002-ABSTRAK.pdf

Download (240kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129091002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (375kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129091002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129091002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (937kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129091002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129091002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129091002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (486kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129091002-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan tahapan pengembangan media pembelajaran IPS berbasis Platform TikTok, mengkaji peningkatan motivasi serta hasil belajar siswa dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis Platform TikTok. Desain penelitian yang peneliti gunakan adalah model 4D. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Singaraja. Teknik yang digunakan dalam memilih sampel adalah teknik sampling acak sederhana. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, observasi, angket dan tes. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Deskripsi tahapan-tahapan pengembangan media pembelajaran IPS berbasis Platform TikTok untuk meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa kelas VII SMP di Singaraja; (2) terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Platform TikTok sebagai media pembelajaran IPS kelas VII SMP di Singaraja; (3) terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan platform TikTok sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP di Singaraja. Implikasi dalam penelitian ini adalah (1) pendidik hendaknya memanfaaatkan media pembelajaran lain sesuai dengan minat peserta didik; (2) sekolah memfasilitasi peserta didik dengan baik khususnya dalam penyediaan jaringan internet yang baik dan stabil; (3) guru lebih kreatif dalam mengelola media yang digunakan. Implikasi tersebut memiliki dampak yang baik yakni peningkatan dan hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP di Singaraja.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media TikTok, Pembelajaran IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: I Gusti Ketut Kripna Dewi
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:46
Last Modified: 26 Jul 2023 07:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17175

Actions (login required)

View Item View Item