Umbara, I Made (2023) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA, EKSPEKTASI KARIR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA SMK JURUSAN AKUNTANSI SE-KABUPATEN TABANAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129021019-COVER.pdf Download (597kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129021019-ABSTRAK.pdf Download (85kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129021019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129021019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129021019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (717kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129021019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (910kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129021019-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129021019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129021019-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh pola asuh orang tua, ekspektasi karir, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi secara langsung. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Di Kabupaten Tabanan yang berjumlah 272 orang, dengan uji instrument dilakukan pada siswa SMK kelas XI jurusan Akuntansi sebanyak 50 orang, sedangkan penelitian dilakukan terhadap 222 orang pada siswa SMK kelas X jurusan Akuntansi di Kabupaten Tabanan. Pengambilan data dilakukan dengan teknik non tes berupa kuisioner dan dokumentasi dalam hal ini nilai rapot. Beberapa temuan hasil penelitian: (1) analisis pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar menghasilkan koefisien jalur sebesar 0,616 (2) analisis pengaruh ekspektasi karir terhadap hasil belajar menghasilkan koefisien jalur sebesar 0, (3) analisis pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi menghasilkan koefisien jalur sebesar 0,398 (4) analisis pengaruh positif pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar menghasilkan koefisien jalur sebesar 0,387 (5) analisis pengaruh positif ekspektasi karir terhadap hasil belajar akuntansi menghasilkan koefisien jalur sebesar 0,202.(6) analisis pengaruh tidak langsung pola asuh orang tua terhadap hasil belajar akuntansi melalui motivasi belajar sebesar 0,154. (7) analisis pengaruh tidak langsung ekspektasi karir terhadap hasil belajar akuntansi melalui motivasi belajar sebesar 0,080. Berdasarkan temuan pada penelitian ini dapat ditarik simpulan (1) terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar akuntansi. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara ekspektasi karir terhadap hasil belajar akuntansi (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi. (4) terdapat pengaruh signifikan antara pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar. (5) Terdapat pengaruh signifikan antara ekspektasi karir terhadap motivasi belajar. (6) terdapat pengaruh tidak langsung antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar akuntansi melalui motivasi belajar. (7) terdapat pengaruh tidak langsung antara ekspektasi karir terhadap hasil belajar akuntansi melalui motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pola asuh orang tua, ekspektasi karir, motivasi belajar, hasil belajar akuntansi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | I Made Umbara |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 00:11 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 00:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17511 |
Actions (login required)
View Item |