PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP DISCOVERY LEARNING (GDL) BERBANTUAN MIND MAP DAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMAN 1 SAWAN

Pebrianti, Ni Made Astari (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP DISCOVERY LEARNING (GDL) BERBANTUAN MIND MAP DAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMAN 1 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613041048-COVER.pdf

Download (525kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613041048-ABSTRAK.pdf

Download (60kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041048-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (75kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041048-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613041048-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041048-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041048-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041048-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613041048-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sistem pembelajaran pada dasarnya merupakan cara-cara untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu tercapainya hasil belajar secara maksimal oleh siswa dalam kegiatan belajar. Guru bukan hanya sekedar penyampai materi saja, tetapi lebih dari itu guru dapat dikatakan sebagai sentral pembelajaran siswa. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMA N 1 Sawan ada beberapa kendala yang ditemukan di lapangan pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni hasil belajar biologi siswa kelas XI masih tergolong rendah, dan jika dilihat dari hasil ulangan harian terkhusus pada pelajaran biologi didapatkan masih banyak siswa berada di bawah rata-rata, atau tidak memenuhi standar dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Jenis penelitian yang dilakukan adalah adalah eksperimental semu (quasi experimental) dengan rancangan randomized pre and post test control group design. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata pada kelompok kelas yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Group Discovery Learning berbantuan dengan Mind Map yaitu 81,20, sedangkan nilai rata-rata pada kelompok kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction yaitu 61,60. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan 1. Terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar biologi antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Group Discovery Learning berbantuan Mind Map dan model pembelajaran Direct Instruction pada siswa kelas XI SMA Negeri 1. 2. Pada hasil uji N-Gain terhadap hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Group Discovery Learning berbantuan Mind Map sebesar 0,7116 termasuk kedalam kategori tinggi, sedangkan hasil data analisis pada kelas kontrol yakni kelas yang dibelajarkan dengan model Direct Instruction mendapatkan nilai n-gain sebesar 0,4396 termasuk kedalam kategori sedang yang digunakan untuk proses belajar mengajar di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Group Discovery Learning, Peta Pikiran, Direct Instruction, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: NI MADE ASTARI PEBRIANTI
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:43
Last Modified: 20 Oct 2023 02:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17668

Actions (login required)

View Item View Item