Zahrotunnisa, Riska Amira (2023) PENGGUNAAN APLIKASI BAAMBOOZLE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARATIF DI SMP NEGERI 2 SERIRIT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912011045-COVER.pdf Download (435kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912011045-ABSTRAK.pdf Download (67kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912011045-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (141kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912011045-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (905kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912011045-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912011045-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912011045-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912011045-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (125kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912011045-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan mendeskripsikan penggunaan aplikasi Baamboozle dalam pembelajaran menulis teks naratif, kemampuan siswa dalam menulis teks naratif dan kendala-kendala yang dialami guru dan siswa dalam menggunaan aplikasi Baamboozle pada pembelajaran menulis teks naratif siswa kelas VII A di SMP Negeri 2 Seririt dijabarkan dalam bentuk deskriptif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia kelas VII, dan siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Seririt berjumlah 32 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan aplikasi Baamboozle, kemampuan siswa dalam menulis teks naratif, dan kendala-kendala yang dialami oleh guru dan siswa dalam menggunaan aplikasi Baamboozle pada pembelajaran menulis teks naratif siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Seririt. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) penggunaan aplikasi Baamboozle dilakukan di tahap inti pembelajaran dengan permainan Puzzle menggunakan fitur gambar, (2) kemampuan siswa dalam menulis teks naratif dengan menggunakan aplikasi Baamboozle menjadi meningkat memalui fitur gambar yang tersedia, (3) kendala-kendala yang dialami oleh guru dan siswa dalam menggunaan aplikasi Baamboozle yaitu kurangnya fasilitas yang memadai, alokasi waktu, dan kurangnya fokus siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aplikasi, Baamboozle, pembelajaran, teks naratif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Riska Amira Zahrotunnisa |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 01:59 |
Last Modified: | 23 Oct 2023 01:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17759 |
Actions (login required)
View Item |