Mahardika, I Gede (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO GESTUR HARMONI DALAM PROSES PEMBELAJARAN UNTUK GURU-GURU SEKOLAH DASAR DI GUGUS 4 KEROBOKAN KELOD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031039-COVER.pdf Download (876kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031039-ABSTRAK.pdf Download (233kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031039-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (260kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031039-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031039-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (707kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031039-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031039-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031039-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (350kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031039-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan media dan efektivitas media video gestur harmoni dalam proses pembelajaran untuk guru-guru sekolah dasar di gugus 4 Kerobokan Kelod. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan angket observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik inferensial uji t. Hasil penelitian pengembangan ini menyimpulkan bahwa: (1) kualitas hasil uji rancang bangun diperoleh skor 90% dengan kualifikasi sangat baik, (2) hasil uji ahli dan uji pengguna diperoleh rata-rata skor 93,44 dengan kualifikasi sangat baik (3) hasil uji efektivitas produk melalui uji hipotesis teknik uji-t dengan hasil t-hitung sebesar 21,38 dan t-tabel pada taraf signifikansi 5% diperoleh sebesar 1,699. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel (21,38 > 1,699), sehingga hasilnya adalah signifikan (ada perbedaan yang signifikan). Perbedaan tersebut diduga kuat karena penggunaan media video gestur harmoni. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media video gestur harmoni efektif digunakan sebagai referensi atau sumber ilmu ilmu guru-guru dalam penggunaan gestur atau bahasa tubuh yang harmoni dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: video gestur, guru harmoni, pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gede Mahardika |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 04:51 |
Last Modified: | 23 Oct 2023 04:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17799 |
Actions (login required)
View Item |