PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PEMAHAMAN BULLYING (PERUNDUNGAN) PADA ANAK KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA DENPASAR TAHUN AJARAN 2022/2023

Dewi, Ni Ketut Yessi Shinta (2023) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PEMAHAMAN BULLYING (PERUNDUNGAN) PADA ANAK KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA DENPASAR TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911061001-COVER.pdf

Download (843kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911061001-ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911061001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (341kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911061001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911061001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911061001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911061001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911061001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911061001-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Pemahaman Bullying ( Perundungan ) Di Kelompok B TK Negeri Pembina Denpasar Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan eksperimen semu yang menggunakan rancangan nonequivalent control group design dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan paparan data pretest pemahaman bullying (perundungan) pada anak kelompok eksperimen terdapat 19 siswa dengan nilai tertinggi 50 dan nilai terendah 0. Dari sebaran data tersebut diperoleh rata-rata (mean) sebesar 27,63, standar deviasi pada kelompok eksperimen 20,23 dan varians 409,36. Berdasarkan paparan data posttest pemahaman bullying (perundungan) pada anak kelompok eksperimen terdapat 19 siswa dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 50. Dari sebaran data tersebut diperoleh rata-rata (mean) sebesar 73,68, standar deviasi pada kelompok eksperimen 19,50 dan varians 380,12. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, sebagaimana disajikan pada bab IV, dapat diungkapkan simpulan, yaitu terdapat terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pemahaman bullying (perundungan) antara kelompok anak yang dibelajarkan melalui metode bermain peran dengan kelompok anak yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Metode Bermain Peran, Bullying (Perundungan)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Ni Ketut Yessi Shinta Dewi
Date Deposited: 23 Oct 2023 22:02
Last Modified: 23 Oct 2023 22:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17809

Actions (login required)

View Item View Item