Dewi, Ni Ketut Yessi Shinta (2023) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PEMAHAMAN BULLYING (PERUNDUNGAN) PADA ANAK KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA DENPASAR TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911061001-COVER.pdf Download (843kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911061001-ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911061001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (341kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911061001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911061001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911061001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911061001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911061001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911061001-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Pemahaman Bullying ( Perundungan ) Di Kelompok B TK Negeri Pembina Denpasar Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan eksperimen semu yang menggunakan rancangan nonequivalent control group design dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan paparan data pretest pemahaman bullying (perundungan) pada anak kelompok eksperimen terdapat 19 siswa dengan nilai tertinggi 50 dan nilai terendah 0. Dari sebaran data tersebut diperoleh rata-rata (mean) sebesar 27,63, standar deviasi pada kelompok eksperimen 20,23 dan varians 409,36. Berdasarkan paparan data posttest pemahaman bullying (perundungan) pada anak kelompok eksperimen terdapat 19 siswa dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 50. Dari sebaran data tersebut diperoleh rata-rata (mean) sebesar 73,68, standar deviasi pada kelompok eksperimen 19,50 dan varians 380,12. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, sebagaimana disajikan pada bab IV, dapat diungkapkan simpulan, yaitu terdapat terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pemahaman bullying (perundungan) antara kelompok anak yang dibelajarkan melalui metode bermain peran dengan kelompok anak yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Metode Bermain Peran, Bullying (Perundungan) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Yessi Shinta Dewi |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 22:02 |
Last Modified: | 23 Oct 2023 22:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17809 |
Actions (login required)
View Item |