Darmayanti, Ni Nyoman Karina Mas (2023) PENGEMBANGAN MEDIA LITERASI AUDIO VISUAL BERBASIS CERITA FABEL UNTUK KELAS II SD NEGERI 1 BEBETIN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031234-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031234-ABSTRAK.pdf Download (119kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031234-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (226kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031234-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031234-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031234-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031234-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031234-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031234-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media literasi audio visual berbasis cerita fabel untuk kelas II SD. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan kurangnya variasi media literasi yang dimiliki oleh guru khususnya pada kegiatan literasi sebelum memulai pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek pada penelitian ini yaitu 2 ahli isi materi, 2 ahli media pembelajaran, 2 ahli desain video pembelajaran, 2 praktisi, 3 orang siswa uji coba perorangan, dan 9 orang siswa uji coba kelompok kecil. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah media literasi audio visual. Metode yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, kuesioner dan tes. Berdasarkan hasil uji validitas, kepraktisan dan efektivitas yang dilakukan menunjukan presentase skor validitas media literasi audio visual dari ahli materi sebesar 0,91, ahli media video pembelajaran sebesar 0.90, ahli desain video pembelajaran sebesar 0,88, uji praktisi sebesar 91%, uji coba perorangan sebesar 91%, dan uji coba kelompok kecil sebesar 98%, secara keseluruhan memiliki kaetgori sangat baik. Sementara itu hasil perhitungan uji efektivitas yang dilakukan memperoleh thitung diperoleh 1.819 sedangkan ttabel yaitu 1.745, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, bahwa terdapat perbedaan yang signifikan (5%) pada hasil belajar Bahasa Indonesia sebelum menggunakan media literasi audio visual berbasis cerita fabel. Dengan demikian dari hasil penelitian menunjukan bahwa media literasi audio visual berbasis cerita fabel layak dan efektif digunakan dalam proses kegiatan literasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Literasi Audio Visual, Cerita Fabel |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Nyoman Karina Mas Darmayanti |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 06:51 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 06:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18079 |
Actions (login required)
View Item |