Azis, Yuda Aulia (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN METODE OUTDOOR STUDY DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1914031011-COVER.pdf Download (561kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1914031011-ABSTRAK.pdf Download (103kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1914031011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (161kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1914031011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1914031011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (686kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1914031011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1914031011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1914031011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1914031011-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan, yaitu: (1) Menganalisis penerapan model PBL berbantuan Outdoor Study dalam pembelajaran geografi guna meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa. (2) Menganalisis kemampuan berpikir analisis siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model PBL berbantuan Outdoor study dalam pembelajaran geografi dan mengidentifikasi pengaruh model PBL berbantuan outtdoor study terhadap kemampuan berpikir analisis siswa dalam pembelajaran geografi (3) Menganalisis pengaruh model PBL berbantuan Outdoor Study terhadap kemampuan berpikir analisis siswa dalam pembelajaran geografi. Penelitian dirancang sebagai penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design) Non Equivalent Control Group Design dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen (XI IPS 2) dan kelas kontrol (XI IPS 1) yang dipilih secara random setelah dilakukan uji kesetaraan. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi yang selanjutnua dianalisis secara deskriptif (Deskriptif Kualitatif) dan statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Model PBL Berbantuan Outdoor Study pada kelas eksperimen dapat diterapkan dengan kriteria ‘Baik’ (78). (2) terdapat peningkatan nilai Kemampuan Berpikir Analitis Siswa sebelum dan sesudah diterapkannya Model PBL Berbantuan Outdoor Study dalam pembelajaran Geografi dari 50,47 menjadi 78,31. (3) Model PBL berbantuan Outdoor study berpengaruh secara signifikan (0,002 < 0,5) terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa dalam pembelajaran Geografi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem based learning, Model Pembelajaran, Outdoor study. Berpikir analitis, Pembelajaran Geografi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
Depositing User: | Yuda Aulia Azis |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 08:34 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 08:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18163 |
Actions (login required)
View Item |