PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN METODE OUTDOOR STUDY DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA

Azis, Yuda Aulia (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN METODE OUTDOOR STUDY DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1914031011-COVER.pdf

Download (561kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1914031011-ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1914031011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1914031011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1914031011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1914031011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1914031011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1914031011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1914031011-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan, yaitu: (1) Menganalisis penerapan model PBL berbantuan Outdoor Study dalam pembelajaran geografi guna meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa. (2) Menganalisis kemampuan berpikir analisis siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model PBL berbantuan Outdoor study dalam pembelajaran geografi dan mengidentifikasi pengaruh model PBL berbantuan outtdoor study terhadap kemampuan berpikir analisis siswa dalam pembelajaran geografi (3) Menganalisis pengaruh model PBL berbantuan Outdoor Study terhadap kemampuan berpikir analisis siswa dalam pembelajaran geografi. Penelitian dirancang sebagai penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design) Non Equivalent Control Group Design dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen (XI IPS 2) dan kelas kontrol (XI IPS 1) yang dipilih secara random setelah dilakukan uji kesetaraan. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi yang selanjutnua dianalisis secara deskriptif (Deskriptif Kualitatif) dan statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Model PBL Berbantuan Outdoor Study pada kelas eksperimen dapat diterapkan dengan kriteria ‘Baik’ (78). (2) terdapat peningkatan nilai Kemampuan Berpikir Analitis Siswa sebelum dan sesudah diterapkannya Model PBL Berbantuan Outdoor Study dalam pembelajaran Geografi dari 50,47 menjadi 78,31. (3) Model PBL berbantuan Outdoor study berpengaruh secara signifikan (0,002 < 0,5) terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa dalam pembelajaran Geografi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem based learning, Model Pembelajaran, Outdoor study. Berpikir analitis, Pembelajaran Geografi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1)
Depositing User: Yuda Aulia Azis
Date Deposited: 26 Oct 2023 08:34
Last Modified: 26 Oct 2023 08:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18163

Actions (login required)

View Item View Item