Wijaya, Tut Bagas Indra (2023) Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar (PJOK) Melalui Materi Atletik Sprint 100 Meter Pada Peserta Didik Kelas IX C SMP Negeri 1 Mengwi Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1916011047-COVER.pdf Download (778kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1916011047-ABSTRAK.pdf Download (232kB) |
|
Text (BAB 1)
1916011047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (360kB) |
|
Text (BAB 2)
1916011047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
1916011047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
1916011047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (546kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
1916011047-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1916011047-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (345kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1916011047-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar (PJOK) melalui materi atletik sprint 100 meter pada peserta didik Kelas IX C SMP Negeri 1 Mengwi dengan mengimplementasikan model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX C SMP Negeri 1 Mengwi. Data diambil dengan cara observasi tes terhadap gerakan teknik start, teknik berlari, teknik melewati garis finish dengan format asesmen teknik start, teknik berlari, teknik melewati garis finish pada aspek kognitif dan aspek psikomotor. Data dianalisis menggunakan analisis Statistik Deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar (PJOK) melalui materi atletik sprint 100 meter pada peserta didik Kelas IX C SMP Negeri 1 Mengwi Tahun Ajaran 2023/2024. Dapat dilihat pada siklus I dan siklus II persentase peningkatan hasil belajar aspek pengetahuan dari ketuntasan 7 orang (19,4%) menjadi ketuntasan 30 orang (83,3%), peningkatan hasil belajar aspek keterampilan dari ketuntasan 17 orang (47,2%) menjadi 33 orang (91,7%). Untuk itu disarankan bagi guru untuk memilih model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada penelitian Tindakan kelasnya jika ingin mengatasi masalah hasil belajar dan keaktifan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning, Hasil Belajar, Atletik Sprint 100 Meter |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Tut Bagas Indra Wijaya |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 15:42 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 15:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18178 |
Actions (login required)
View Item |