Hutabarat, Natania Margareta (2023) PENGEMBANGAN TES BERBASIS APLIKASI WORDWALL UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913071033-COVER.pdf Download (560kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913071033-ABSTRAK.pdf Download (227kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913071033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (374kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913071033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913071033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913071033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913071033-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913071033-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (367kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913071033-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas isi soal tes, kualitas butir soal berdasarkan uji validitas dan reliabilitas serta penilaian kepraktisan dan keterbacaan dari aplikasi yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Borg and Gall yang meliputi 10 tahapan pengembangan. Namun, tahapannya di batasi hanya sampai pada tahap ketujuh yaitu revisi produk dikarenakan keterbatasan waktu, biaya serta sedikitnya jumlah sekolah yang bersedia menjadi tempat penelitian. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Singaraja dengan subjek penelitian ini melibatkan tiga ahli pendidikan IPA untuk uji validitas isi dan penilaian kelayakan media, dua guru IPA untuk penilaian kepraktisan dan 66 orang peserta didik untuk penilaian keterbacaan produk. Jenis data yang diperoleh dalam penelitian pengembangan ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Produk tergolong sangat valid secara isi dengan rentang skor hasil yaitu 0,81 (2) Hasil uji validitas dan reliabilitas butir soal tergolong sangat rendah karena terdapat 6 soal valid, 21 soal tidak valid dengan skor 0,14 dan tidak reliabel dengan skor 0,38 (3) Produk tergolong sangat praktis dengan mendapat skor yaitu 86,4% dan 84,8% (4) Produk sangat terbaca dengan mendapat skor yaitu 88,56% dan 88,96%. Berdasarkan data hasil pengembangan tes berbasis aplikasi wordwall untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SMP memperoleh hasil valid secara isi, layak, praktis dan terbaca namun tingkat kualitas butir soal tesnya rendah sehingga perlu tindak lanjut berupa perbaikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Tes, Wordwall, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Natania Margareta Hutabarat |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 06:34 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 06:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18220 |
Actions (login required)
View Item |