Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together berbasis Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI SMA Negeri 2 Banjar

Bancin, Alboteles Mareslina Br (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together berbasis Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI SMA Negeri 2 Banjar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913021027-COVER.pdf

Download (749kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913021027-ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913021027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913021027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913021027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913021027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913021027-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913021027-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913021027-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbasis mind mapping dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Banjar Tahun Pembelajaran 2022/ 2023 berjumlah 130 siswa. Pilihan sampel dilakukan dengan teknik random assignment berjumlah 63 siswa. Data hasil belajar fisika siswa dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Data dianalisis secara deskriptif dan uji hipotesis dengan uji ANAKOVA satu jalur. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi sebesar 5 %. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 72,50 dengan kualifikasi tinggi, SD 11,21 dan rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 52,26 dengan kualifikasi cukup, SD 12,17. Hasil belajar siswa yang belajar dengan model kooperatif tipe NHT lebih tinggi dari model pembelajaran konvensional (LSD:4,56). Simpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa antara siswa yang belajar dengan model kooperatif tipe Numbered Heads Together berbasis mind mapping dengan siswa yang belajar dengan model konvensional (F*= 40.514; p < 0,05). Hasil belajar fisika siswa dengan model kooperatif tipe Numbered Heads Together berbasis mind mapping lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan model belajar konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kooperatif tipe NHT, model konvensional, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Alboteles Mareslina Br. Bancin
Date Deposited: 30 Oct 2023 02:44
Last Modified: 30 Oct 2023 02:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18241

Actions (login required)

View Item View Item