PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TAM-TAM BUKU DAN MANUK-MANUK TERHADAP PERKEMBANGAN KERJA SAMA ANAK KELOMPOK B DI TK GBKP TAMAN MAWAR SHARON TAHUN AJARAN 2023/2024

Sebayang, Enny Adelina Br (2023) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TAM-TAM BUKU DAN MANUK-MANUK TERHADAP PERKEMBANGAN KERJA SAMA ANAK KELOMPOK B DI TK GBKP TAMAN MAWAR SHARON TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911061029-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911061029-ABSTRAK.pdf

Download (236kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911061029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (172kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911061029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911061029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911061029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911061029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911061029-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911061029-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional “Tam-tam Buku dan Manuk-manuk” terhadap kemampuan kerja sama anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan one grop pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK GBKP Taman Mawar Sharon sebanyak 14 anak. Pemilihan sampel dilakukan menggunakan teknik pengundian. Sampel yang terpilih sebagai kelompok ekperimendan kontrol adalah kelompok B sebanyak 14 anak. Pengumpulan data menggunakan metode non test yaitu observasi dengan instrumen penilaian unjuk kerja kemampuan kerjasama anak berdasarkan rubik penilaian kemampuan kerja sama dan dokumentasi. Hasil penelitian inimenunjukkan rata-rata (mean) posttest pada kelompok eksperimen sebesar 85,7 sedangkan pada kelompok kontrol 78,2, dengan nilai maksimal yaitu 100. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan kerja sama anak yang dibelajarkan permainan “Tam-tam Buku dan Manuk” dengan kelompok anak yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional “Tam-tam Buku dan Manuk-manuk” berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan kerja sama pada anak kelompok B di TK GBKP Taman Mawar Sharon Desa Singgamanik Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Permainan “Tam-tam Buku dan Manuk-manuk”, kemampuan kerja sama, one grop pretest-posttest design, anak usia dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Enny Adelina Br Sebayang
Date Deposited: 03 Nov 2023 02:06
Last Modified: 03 Nov 2023 02:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18244

Actions (login required)

View Item View Item