Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tahap Awal Pembelajaran Bahasa Jepang Berbasis Standar Proses Kurikulum 2013 Revisi untuk Sekolah Dasar di Bali

Sukni, Ni Nengah (2020) Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tahap Awal Pembelajaran Bahasa Jepang Berbasis Standar Proses Kurikulum 2013 Revisi untuk Sekolah Dasar di Bali. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612061006-COVER.pdf

Download (600kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612061006-ABSTRAK.pdf

Download (394kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612061006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (78kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612061006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612061006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612061006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612061006-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612061006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612061006-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) tahap awal bahasa Jepang berbasis standar proses Kurikulum 2013 Revisi yang sesuai untuk SD di Bali. Penelitian ini menggunakan model pengembangan four-D dari Thiagarajan yang dimodifikasi agar sesuai dengan pengembangan RPP. Model pengembangan four-D dalam penelitian hanya dilakukan 3 tahap yaitu define, design, dan develop. Sedangkan tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pengajar bahasa Jepang di SD. Data dikumpulkan menggunakan angket yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) RPP ini terdiri dari bab 1 sampai bab 15 (2) dalam RPP memuat keterampilan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, dan Creativity), HOTS (Higher Order Thinking Skills), PPK (Penguatan Pendidikan Karakter), dan literasi, (3) kegiatan dalam RPP memuat banyak permainan, (4) berdasarkan uji ahli dan uji coba menunjukkan hasil sangat layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: RPP, Kurikulum 2013 Revisi, SD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Ni Nengah Sukni
Date Deposited: 17 Jul 2020 04:46
Last Modified: 17 Jul 2020 04:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1835

Actions (login required)

View Item View Item