Badin, Paulus Pati (2024) PENGARUH MODEL INQUIRY TERBIMBING BERBASIS STM TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS II TIBUBENENG KUTA UTARA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129041032-COVER.pdf Download (315kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129041032-ABSTRAK.pdf Download (104kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (148kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041032-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041032-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (119kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129041032-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model inquiry terbimbing berbasis STM terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus II Tibubeneng Kuta Utara. Penelitian dilaksanakan menggunakan pendekatan eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan posttest-only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus II Tibubeneng Kuta Utara, yang terdiri dari 297 orang siswa. Sebanyak orang 112 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner untuk mengukur sikap ilmiah dan tes obyektif pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar IPA siswa. Data dianalisis menggunakan MANOVA satu jalur berbantuan program IBM SPSS Statistic 26.00 for Windows. Hasil Penelitian menemukan bahwa sikap ilmiah dan hasil belajar IPA siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada siswa kelas kontrol baik secara simultan maupun sendiri-sendiir. Jadi terdapat pengaruh pengaruh model inquiry terbimbing berbasis STM terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus II Tibubeneng Kuta Utara, baik secara simultan maupun sendiri sendiri. Oleh karena itu, disarankan kepada para guru SD di Gugus II Tibubeneng untuk menerapkan model inquiry terbimbing berbasis STM.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Inquiry Terbimbing, STM, sains teknologi masyarakat, sikap ilmiah, hasil belajar IPA. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Paulus Pati Badin |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 02:43 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 02:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18405 |
Actions (login required)
View Item |