Ayuni, Ni Made (2024) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK KELOMPOK B TK KARTIKA VII-3 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911061037-COVER.pdf Download (392kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911061037-ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911061037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (110kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911061037-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911061037-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911061037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911061037-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911061037-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911061037-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Ujian dilaksanakan di TK Kartika VII-3 Singaraja yang terletak di Desa Banjar Tegal, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng. Penelitian ini menggunakan teknik eksperimen kuantitatif dengan menggunakan Quasi Experimental Design dengan Non Equivalent Control Group Design. Populasi sasaran terdiri dari 30 anak, dan karena ukuran populasi kurang dari 100, prosedur pengambilan sampel lengkap digunakan untuk menjamin sampel. Rumusan masalah penelitian meliputi pertanyaan mengenai penerapan media audio visual dalam proses pembelajaran di TK Kartika VII-3 Singaraja, pemanfaatan media buku iqra dalam proses pembelajaran di TK Kartika VII-3 Singaraja, dan potensi dampaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap keterampilan pengenalan huruf anak usia 4 sampai 5 tahun di TK Kartika VII-3 Singaraja. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengkaji pemanfaatan media audio visual dan buku iqra dalam proses pembelajaran di TK Kartika VII-3 Singaraja. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak media audio visual terhadap pengembangan keterampilan pengenalan huruf. Anak prasekolah usia 4-5 tahun. Analisis data post-test menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan media audio visual terhadap kemampuan mengenal huruf anak. Hal ini terlihat dari peningkatan signifikan pada rata-rata kinerja mereka, yaitu meningkat dari 27,73 sebelum intervensi menjadi 54,93 setelah intervensi. Hasil uji hipotesis semakin mendukung pengamatan tersebut, karena nilai signifikansi sebesar 0,002 lebih rendah dari ambang batas yang ditetapkan sebesar 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan secara statistik dalam keterampilan pengenalan huruf siswa antara kelompok yang diajar dengan media audio visual (Kelas B (Eksperimental)) dan kelompok yang diajar tanpa media audio visual (Kelas B- 1 (Kontrol)) pada kelas TK Kartika VII-3 Singaraja tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media audio visual, mengenal huruf |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Ni Made Ayuni |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 02:10 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 02:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18459 |
Actions (login required)
View Item |