Utami, Ni Kadek Trisna Putri (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO KODE ISYARAT TARI PENDET BERBASIS COOPERATIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN SBDP SISWA TUNARUNGU SLB NEGERI 2 DENPASAR TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031003-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031003-ABSTRAK.pdf Download (611kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (683kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (852kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (554kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (559kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031003-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui rancang bangun media video kode isyarat tari Pendet berbasis cooperative learning pada muatan SBdP untuk siswa tunarungu SLB Negeri 2 Denpasar, (2) untuk mengetahui kelayakan hasil media video kode isyarat tari pendet berbasis cooperative learning pada muatan SBdP ditinjau dari uji ahli isi, uji ahli desain, uji ahli media serta uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil siswa tunarungu SLB Negeri 2 Denpasar, (3) untuk mengetahui efektivitas media video kode isyarat tari pendet berbasis cooperative learning pada muatan SBdP untuk siswa tunarungu SLB Negeri 2 Denpasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode non-test berupa lembar angket/kuesioner serta lembar penilaian unjuk kerja. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) rancang bangun media video kode isyarat tari Pendet berbasis cooperative learning memperoleh penilaian ahli rancang bangun sebesar 93,18% dengan kategori sangat baik, (2) validasi media video berada pada kategori sangat baik dengan validasi isi memperoleh 93,33%, validasi desain instruksional memperoleh 92,5%, hasil validasi media memperoleh 93,18%, uji coba perorangan memperoleh 92,42%, dan uji coba kelompok kecil memperoleh 95,07%. (3) Berdasarkan hasil uji-t sample dependent diperoleh nilai thitung (3,908) > ttabel (2,571) dengan taraf signifikansi 5% dan dk = n – 1 = 6 – 1 = 5, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa media video kode isyarat tari Pendet berbasis cooperative learning efektif diterapkan pada mata pelajaran SBdP siswa tunarungu kelas V di SLB Negeri 2 Denpasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: pengembangan, media video, kode isyarat, tari Pendet, pembelajaran kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Trisna Putri Utami |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 00:57 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 00:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18481 |
Actions (login required)
View Item |