Rahayu, Ni Nyoman Sri (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI 3D BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK TK TAMAN HATI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229171021_COVER.pdf Download (523kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229171021-ABSTRAK.pdf Download (37kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229171021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (70kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229171021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229171021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (898kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229171021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229171021-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229171021-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (270kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229171021-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas media, kepraktisan media, dan mengetahui efektivitas media pembelajaran video animasi 3D bermuatan pendidikan karakter pada tema Keluargaku untuk meningkatkan kemampuan sosial anak TK Taman Hati. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model eksperimen dengan metode pengembangan ADDIE (analize, design, develop, implementation, and evaluation) yang menggunakan kemampuan sosial dan siswa TK Taman Hati sebagi subjek penelitian. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan angket validasi untuk ahli isi, media dan praktisi serta lembar obeservasi untuk siswa. Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah menggunakan SPSS dengan teknik analisis uji t sampel berpasangan yang hasilnya kemudian dianalisis. Hasil dari penelitian ini ialah (1) Hasil uji validitas media pembelajaran video animasi bermuatan pendidikan karakter untuk meningkatkan kemampuan sosial anak TK Taman Hati adalah valid sehingga media layak untuk diuji kepraktisan dan efektifitas. Dari 2 ahli yang di gunakan, keduanya memberikan skor rerata 3,75 untuk media yang telah dibuat; (2) Hasil uji kepraktisan media pembelajaran video animasi bermuatan pendidikan karakter untuk meningkatkan kemampuan sosial anak TK Taman Hati adalah Valid sehingga media dapat diuji efektifitasnya. Nilai dari uji kepraktisan adalah 4, dimana berarti sangat valid; dan (3) Hasil uji efektivitas media pembelajaran video animasi bermuatan pendidikan karakter dalam meningkatkan kemampuan sosial anak TK Taman Hati adalah terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan sosial anak TK B TK Taman Hati.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak usia dini, kemampuan sosial, Pendidikan karakter, video animasi 3D. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (S2) |
Depositing User: | Ni Nyoman Sri Rahayu |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 23:53 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 23:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18561 |
Actions (login required)
View Item |