PENGEMBANGAN E-MODUL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 18 PEMECUTAN

Prastika, Pande Putu Meita (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 18 PEMECUTAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031071-COVER.pdf

Download (934kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031071-ABSTRAK.pdf

Download (634kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031071-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (578kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031071-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031071-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031071-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031071-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031071-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (566kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031071-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas e-modul berbasis profil pelajar pancasila yang ditinjau dari rancang bangun, efektivitas dan kelayakannya .Model pengembangan menggunakan model Dick And Carey dengan melalui 10 tahap pengembangan. Data didapat melalui metode wawancara, tes, kuisioner, dan observasi. Uji kelayakan dilakukan oleh satu ahli isi materi, satu ahli desain pembelajaran, satu ahli media pembelajaran, satu ahli bahasa, tiga orang subjek uji coba perorang, dan sembilan orang subjek uji coba kelompok kecil. Pengolahan data hasil penelitian menggunakan teknik deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan uji-t. Hasil rancang bangun diketahui bahwa e-modul pendidikan pancasila berbasis profil pelajar pancasila merupakan media pembelajaran berupa buku digital yang dapat diakses melalui link, pada e-modul berisikan materi pendidikan npancasila selama 1 semester, gambar, video, kegiatan pembelajaran serta kegiatan penilaian. E-modul yang dirancang berbasis profil pelajar pancasila yakni setiap kegiatan pembelajaran merupakan implementasi dimensi profil pelajar pancasila. Hasil uji kelayakan didapatkan bahwa e-modul yang dikembangkan dinyatakan layah karena telah melalui uji ahli yang berkompeten. Hasil analisis uji efektivitas dengan menggunakan teknik uji-t memperoleh hasil t hitung = 9,525 untuk df = 56 dan taraf signifikansi 5% t tabel = 2,00324 . Hal ini menunjukan t hitung > t tabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima maka dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis profil pelajar pancasila efektif digunakan dalam pembelajaran pendidikan pancasila.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : e-modul , pendidikan pancasila, dick and carey, profil pelajar pancasila
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Pande Putu Meita Prastika
Date Deposited: 13 Feb 2024 01:37
Last Modified: 13 Feb 2024 01:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18577

Actions (login required)

View Item View Item