Dewi, Ni Kadek Dita Cahyani (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN QR CODE POP-UP BOOK BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH KELAS III SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031265-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031265-ABSTRAK.pdf Download (640kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031265-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (758kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031265-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (969kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031265-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (924kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031265-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031265-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (557kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031265-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (642kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031265-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini menghasilkan media pembelajaran QR code pop-up book berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas III sekolah dasar. Tujuan dari penelitian pengembangan, yaitu: (1) mendeskripsikan rancang bangun media QR Code Pop-Up Book berbasis etnomatematika, (2) menganalisis kevalidan media pembelajaran, (3) menganalisis kepraktisan media pembelajaran, (4) menganalisis keefektifan media pembelajaran QR code pop-up book berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi operasi hitung bilangan cacah kelas III sekolah dasar. Model penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 ahli, dan 33 siswa sekolah dasar. Objek uji coba penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi operasi hitung bilangan cacah kelas III sekolah dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket dan tes. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket berupa jenis angket tertutup dengan menggunakan rating scale dan tes soal esai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) indeks kelayakan materi secara keseluruhan adalah 0,94 dan rata-rata skor uji media secara keseluruhan adalah 0,94 dengan kualifikasi sangat tinggi, (2) hasil uji kepraktisan oleh siswa sebesar 99,26% dengan kualifikasi sangat baik, serta (3) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t satu sampel memperoleh skor sebesar 0,000 sehingga media pembelajaran QR code pop-up book berbasis etnomatematika efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi operasi hitung bilangan cacah kelas III sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : pengembangan, media QR code pop-up book, etnomatematika, kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Dita Cahyani Dewi |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 00:36 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 00:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18698 |
Actions (login required)
View Item |