Suwidia, I Wayan Pasek (2024) PENGEMBANGAN KONTEN INTERAKTIF BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN KOMUNIKASI INDUSTRI PARIWISATA DI SMKN 5 NEGARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1715051001-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1715051001-ABSTRAK.pdf Download (114kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI)
1715051001-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1715051001-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1715051001-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN)
1715051001-BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1715051001-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui respon guru serta peserta didik terhadap pengembangan konten interaktif dengan menggunakan Articulate Storyline 3 pada kelas XI dan kelas X Perhotelan I di SMK Negeri 5 Negara, permasalahan yang dialami dalam proses pembelajaran diantaranya sarana belajar berupa modul ajar yang kurang menarik dan interaktif. Oleh sebab itu peneliti mengembangkan konten interaktif berbasis Discovery Learning untuk menunjang proses pembelajaran pada materi Teknik Komunikasi Melalui Telepon yang dapat menunjang pembelajaran serta meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini adalah R & D dengan menggunakan model pengembangan MDLC. Penelitian dilaksanakan pada 47 siswa dan seorang guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui instrumen validitas antara lain, angket uji perorangan, kelompok kecil dan lapangan serta angket respons guru dan siswa. Hasil penelitian untuk menguji konten pembelajaran interaktif berasal dari hasil perhitungan validitas ahli isi dan ahli media dengan perolehan nilai rata-rata 1,00 dengan kriteria “sangat baik”. Pada uji perorangan memperoleh persentase 90% dengan kriteria “sangat baik”, uji kelompok kecil memperoleh persentase 91,56% dengan kriteria “sangat baik”, serta uji lapangan memperoleh persentase 90,71% dengan kriteria “sangat baik”. Hasil uji keefektifan menggunakan rumus N-Gain yang memperoleh nilai sebesar 0,95 yang termasuk dalam kriteria “tinggi”. Untuk hasil rata-rata respons siswa dan guru mendapatkan kepraktisan konten pembelajaran interaktif sebesar 67,62 dan 49 yang termasuk dalam kriteria “sangat positif”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah konten yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kualitas suatu produk dengan sangat baik dan sangat positif. Kata kunci: Teknik Komunikasi Melalui Telepon, Discovery Learning, Konten Interaktif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik Komunikasi Melalui Telepon, Discovery Learning, Konten Interaktif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | I Wayan Pasek Suwidia |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 04:38 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 04:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18729 |
Actions (login required)
View Item |