Rudiartha, I Gede Wahyu (2024) EVALUASI USABILITY DAN PERBAIKAN ANTARMUKA SISTEM TARING DUKCAPIL KOTA DENPASAR MENGGUNAKAN METODE USABILITY TESTING DAN PENDEKATAN USER CENTERED DESIGN (UCD). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1915091017-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1915091017-ABSTRAK.pdf Download (120kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915091017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (174kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915091017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915091017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915091017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915091017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915091017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1915091017-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Taring Dukcapil adalah sistem untuk mengurus pembuatan dokumen kependudukan seperti kartu tanda penduduk (KTP), akta kelahiran, akta kematian, akta perkawinan, akta cerai dan lain-lain secara daring atau online. Saat ini sistem Taring Dukcapil sudah berjalan sebagaimana mestinya, namun dalam pengimplementasianya sistem ini masih belum berjalan secara maksimal. Masih terdapat beberapa permasalahan dan kebingungan yang sering dialami oleh pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat usability sistem Taring Dukcapil ini dapat digunakan menggunakan metode usability testing berdasarkan standar ISO 9241-11 dan juga membuat rekomendasi perbaikan antarmuka sistem dengan pendekatan user centered design (UCD) agar dapat terus meningkatkan kepuasan dalam penggunaannya. Hasil penelitian ini menunjukkan perbandingan hasil nilai yang didapatkan pada uji usability awal sebelum dilakukan perbaikan antarmuka dengan hasil uji usability akhir setelah dilakukan perbaikan antarmuka. Hasil dari uji usability awal yaitu, aspek efektivitas mendapat nilai 89%, aspek efisiensi mendapat nilai 83%, dan aspek kepuasan mendapat nilai 56,5%. Setelah dilakukan perbaikan antarmuka sistem berdasarkan tahap-tahap pada pendekatan UCD, didapatkan hasil pada uji usability akhir yaitu adanya peningkatan nilai pada ketiga aspek antara lain nilai pada aspek efektivitas meningkat menjadi 98%, nilai pada aspek efisiensi meningkat menjadi 97% dan nilai pada aspek kepuasan meningkat menjadi 84%. Hal tersebut menunjukkan antarmuka sistem setelah dilakukan perbaikan memiliki nilai usability yang lebih baik dan dapat lebih mudah digunakan oleh pengguna dibandingkan dengan sistem sebelum dilakukan perbaikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Taring Dukcapil, User Centered Design (UCD), Usability Testing, ISO 9241-11, Antarmuka Sistem |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1) |
Depositing User: | I Gede Wahyu Rudiartha |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 04:39 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 04:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18730 |
Actions (login required)
View Item |