PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS TECHNOPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Utami, Ni Luh Sumer (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS TECHNOPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031169-COVER.pdf

Download (382kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031169-ABSTRAK.pdf

Download (27kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031169-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (120kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031169-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031169-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031169-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031169-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031169-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031169-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bahan ajar yang masih kurang membuat pelajar Indonesia masih kurang memahami konsep kewirausahaan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis technopreneurship untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan siswa kelas IV SD yang valid, praktis dan efektif. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research & Development) dan menggunakan model pengembangan 4D (four-D). Model 4D (four-D) adalah metode yang digunakan dalam proses pengembangan bahan ajar berbasis technopreneurship. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa angket/kuesioner yang kemudian diisi oleh responden. Metode dan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pada bahan ajar berbasis technopreneurship ini memperoleh skor validasi oleh ahli media pembelajaran sebesar 0,9423 (sangat baik), kemudian skor uji validitas oleh ahli materi pembelajaran adalah 0,9196 (sangat baik), kemudian hasil penilaian media melalui respon siswa adalah 90% (sangat praktis) dan hasil efektifitas dari bahan ajar ini menunjukkan angka 0,000 lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dinyatakan bahwa penelitian pengembangan ini memperoleh hasil dengan tingkat kualifikasi sangat baik dan sangat praktis sehingga produk yang dihasilkan layak diterapkan dan digunakan pada proses pembelajaran untuk siswa kelas IV SDN 2 Sawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar berbasis technopreneurship, jiwa Kewirausahaan siswa, P5.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Sumer Utami
Date Deposited: 16 Feb 2024 05:01
Last Modified: 16 Feb 2024 05:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18734

Actions (login required)

View Item View Item