Kharismadewi, Kadek Pasek Satya (2024) Hubungan antara Karakter Bergotong Royong dan Berkebinekaan Global dengan Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas V di SD Negeri 2 Gianyar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031090-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031090-ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031090-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (263kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031090-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031090-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (629kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031090-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (582kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031090-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031090-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (264kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031090-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan dalam mencari informasi mengenai keterkaitan atau korelasi antara karakter bergotong royong dan berkebinekaan global dengan prestasi belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas V di SD Negeri 2 Gianyar. Penelitian diklasifikasikan ke jenis penelitian ex post facto dengan populasi sejumlah 119 siswa yang merupakan seluruh siswa kelas V di SD Negeri 2 Gianyar. Pengambilan sampel pada penelitian menggunakan probability sampling technique dengan tipe random sampling dan penyesuaian pada tabel Isaac dan Michael, sehingga diperoleh sampel sejumlah 89 siswa. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian yaitu metode nontes yaitu dengan kuesioner untuk mengukur karakter bergotong royong dan berkebinekaan global siswa dan pencatatan dokumen untuk memperoleh data prestasi belajar siswa melalui nilai rapor. Kemudian, pemerolehan data ditelaah dengan analisis deskriptif serta analisis inferensial. Selanjutnya, diperoleh hasil (1) terdapat hubungan antara karakter bergotong royong dengan prestasi belajar Pendidikan Pancasila memperoleh sumbangan sejumlah 6,8%, (2) terdapat hubungan antara karakter berkebinekaan global dengan prestasi belajar Pendidikan Pancasila memperoleh sumbangan sejumlah 7,8%, (3) terdapat hubungan antara karakter bergotong royong dan berkebinekaan global dengan prestasi belajar Pendidikan Pancasila memperoleh sumbangan sejumlah 8,9%. Melalui hal tersebut, maka ditarik simpulan bahwa terdapat hubungan antara karakter bergotong royong dan berkebinekaan global dengan prestasi belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas V di SD Negeri 2 Gianyar. Berdasarkan hal tersebut, rekomendasi diberikan untuk pengembangan penelitian lanjutan yaitu pemerolehan sumber-sumber literatur tambahan mengenai hubungan karakter dari Profil Pelajar Pancasila dengan prestasi belajar serta sampel penelitian yang digunakan memiliki cakupan yang lebih luas, sehingga dapat memperkuat hasil penelitian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | karakter, bergotong royong, berkebinekaan global, prestasi belajar, Pendidikan Pancasila |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | KADEK PASEK SATYA KHARISMADEWI |
Date Deposited: | 18 Feb 2024 08:48 |
Last Modified: | 18 Feb 2024 08:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18789 |
Actions (login required)
View Item |