Sari, Kadek Ayu Novita (2024) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA SMK NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811011015 -COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811011015-ABSTRAK.pdf Download (363kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811011015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (389kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811011015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811011015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811011015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811011015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811011015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811011015-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research & development). Produk yang dikembangkan adalah Buku Panduan Konseling Kelompok dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Buku panduan ini dirancang untuk dapat dijadikan acuan bagi guru BK dalam melaksanakan layanan konseling di sekolah untuk meningkatkan Self Esteem peserta didik. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan yaitu sebagai berikut: (1) Tahap Pendefinisian (Define), (2) Tahap Perancangan (Design), (3) Tahap Pengembangan (Develop), (4) Tahap Penyebaran (Disseminate). Penelitian ini melibatkan subjek 5 orang ahli dalam bimbingan konseling diantaranya 3 orang dosen Bimbingan Konseling FIP Undiksha dan 2 orang Guru Bimbingan Konseling SMKN 3 Singaraja. Untuk menguji keefektifitasan buku panduan ini, peneliti melibatkan 10 orang siswa sebagai subjek. Dari 20 butir instrumen yang digunakan dalam penilaian oleh pakar/ahli, semua butir buku panduan konseling memiliki validitas yang baik. Berdasarkan penilaian tersebut didapatkan indeks validitas isi (CVI) buku panduan berkategori sangat sesuai. Penilaian indeks validitas isi (content Validity Indeks) terhadap buku panduan konseling sangat penting untuk mengetahui layak untuk digunakan. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa Terdapat Efektivitas Buku Panduan Konseling Kelompok dengan Modeling Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa dengan thitung 11,129 dengan taraf signifikansi 0,00 dan nilai ES= 3,519 yang termasuk kategori ES tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Panduan Konseling, Kelomppok Teknik Modeling, Untuk Meningkatkan, Self Eteem Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Kadek Ayu Novita Sari |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 00:14 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 00:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18822 |
Actions (login required)
View Item |