Anyamani, Ni Luh Putu Petricia (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1914031004-COVER.pdf Download (723kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1914031004-ABSTRAK.pdf Download (150kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1914031004-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (178kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1914031004-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1914031004-BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1914031004-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1914031004-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1914031004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1914031004-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Riset yang dilakukan ini mempunyai sasaran yaitu 1) Mengadakan analisa dalam menerapkan Model Discovery Learning sebagai upaya memberi peningkatan kemampuan dalam pemikiran kritis siswa serta hasil belajarnya dalam pembelajaran geografi, (2) Menganalisis pengaruh model discovery learning pada siswa kelas XI IPS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa serta hasil belajarnya pada mata pelajaran Geografi, (3) mengadakan analisa pembelajaran Geografi siswa Kelas XI IPS sebelum dan sesudah model discovery learning diterapkan dalam pembelajaran Geografi, dan (4) mengadakan analisa pengaruh dari discovery learning model dengan simultas kepada kemmapuan berpikir kritis serta hasil belajar murid di kelas XI IPS pada pembelajaran geografi. Riset ini didesain menjadi riset eksperimen semu (Non-equivalent Control Group Desain) mempergunakan 2 kelas menjadi sample yang ditetapkan melalui teknik simple random sampling. Pengumpulannya memakai teknik observasi, teknik debat ilmiah dan tes pilihan ganda. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan inferensial. Hasil riset menyatakan: (1) Model Discovery Learning sebagai upaya memberi peningkatan keahlian pada pemikiran kritis siswa serta hasil belajarnya dalam pembelajaran geografi dapat diterapkan guru dengan kriteria ’sangat baik’, (2) ada ketidaksamaan kemampuan pemikiran kritis siswa ke;as XI IPS antara sebelum serta setelah model dari model discovery learning diterapkan dalam pembelajaran geografi dengan nilai rata-rata keahlian berpikir kritis siswa sebelum menerapkan model dari discovery learning adalah 76,6 (kriteria baik) dan setelah penerapan model tersebut menjadi 85,9 (kriteria sangat baik) (3) terdapat peningkatan Hasil Belajar Geografi siswa Kelas XI IPS antara sebelum dan sesudah model discovery learning diterapkan dalam pembelajaran Geografi dengan skor mean hasil pembelajaran siswa sebelum penerapan model discovery learning adalah 71,4 (kriteria baik) dan setelah penerapan model tersebut menjadi 86,6 (kriteria sangat baik) dan (4) terdapat pengaruh discovery learning model secara simultan terhadap keahlian dalam pemikiran kritis serta hasil pembelajaran siswa dikelas XI IPS dalam belajar geografi dengan dengan nilai 0,077 (> 0,005).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir kritis, Discovery learning Model, Hasil belajar, Pembelajaran Geografi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Petricia Anyamani |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 02:06 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 02:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18981 |
Actions (login required)
View Item |