PASARIBU, YUHNI SARA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONFLIK KOGNITIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA ALAT-ALAT OPTIK KELAS XI MIPA DALAM PEMBELAJARANFISIKA DI SMA NEGERI 4 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1513021074-COVER.pdf Download (899kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1513021074-ABSTRAK.pdf Download (81kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513021074-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (245kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513021074-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (629kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513021074-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (825kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513021074-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1513021074-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513021074-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (304kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1513021074-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung, perbedaan kemampuan setelah dilakukan pengendalian skorpretest dan kontribusinya. Jenis penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperiment atau eksperimen semu menggunakan desain one way no-equivalent pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah SMA Negeri 4 Singaraja pada kelas XI MIPA 3 dan 7 tahun pelajaran 2018/2019 (69 Orang). Objek penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep, model pembelajaran konflik kognitif dan model pembelajaran langsung pada pokok bahasan fisika semester 2 yaitu materi alat-alat optik. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep siswa dalam bentuk essay yang disesuaikan dengan indikator-indikator pemahaman konsep siswa. Data diperoleh berupa skor-skor hasil pretestdan posttest dan dianalisis secara deskripsi dan analisis Anakova satu jalur. Hasil penelitian menujukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep awal siswa berada pada kualifikasi rendah, dengan skor rata-rata (65,00) untuk model pembelajaran konflik kognitif dan (50,69) untuk model pembelajaran langsung. Setelah mendapatkan perlakuan skor pretest menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep berada pada kualifikasi tinggi dengan skor rata-rata (72,24) untuk model pembelajaran konflik kognitif dan (70,47) untuk model pembelajaran langsung, kontribusi 75%. Disimpulkan bahwa pemahaman konsep fisika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran konflik kognitif lebih besar dari pada model pembelajaran langsung. Kata kunci : Pemahaman konsep, Konflik kognitif, Pembelajaran langsung
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman konsep, Konflik kognitif, Pembelajaran langsung. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | YUHNI SARA PASARIBU |
Date Deposited: | 22 Oct 2019 04:56 |
Last Modified: | 22 Oct 2019 04:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/190 |
Actions (login required)
View Item |