Divayana, Komang Bayu Arika (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL TEKNIK (HINDARAN, SERANGAN, TANGKAPAN) PENCAK SILAT PADA MAHASISWA PRODI PENJASKESREK TAHUN AKADEMIK 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1916011036-COVER.pdf Download (539kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1916011036-ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1916011036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (348kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1916011036-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (569kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1916011036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (812kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1916011036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1916011036-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
1916011036-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1916011036-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) |
Abstract
Berdasarkan survey awal yang telah dilakukan menggunakan kuesioner analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata kuliah TP pencak silat bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial ini dibutuhkan oleh mahasiswa sebagai penunjang proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video tuorial teknik (hindaran, serangan, tangkapan) pencak silat dengan model ADDIE. Penelitian ini menggunakan instrumen kuisioner dalam bentuk skala skor. Pengembangan video pembelajaran divalidasi oleh ahli isi/materi, ahli desain dan ahli media pembelajaran. Setelah itu dilakukan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Subjek penelitian ini melibatkan mahasiswa kelas IKI semester III Penjaskesrek. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji ahli isi/materi pembelajaran memperoleh persentase skor 97,3% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor 96% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor 96% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan memperoleh skor 92,6% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 93,2% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok besar memperoleh persentase 93,05% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil-hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video tutorial yang dikembangkan layak untuk diterapkan pada pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media video pembelajaran, Pencak silat, Model ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | I Komang Bayu Arika Divayana |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 07:36 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 07:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19026 |
Actions (login required)
View Item |