Putra, I Made Candra Wahyudi (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF PADA TOPIK SIFAT-SIFAT MAGNET DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229041034-COVER.pdf Download (246kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041034-ABSTRAK.pdf Download (49kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (157kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (534kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041034-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041034-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041034-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif pada topik sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari untuk siswa kelas VI sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif kualitatif dan analisis statistik inferensial dengan uji-t. Uji validitas modul dianalisis menggunakan rumus Gregory, uji kepraktisan dianalisis menggunakan rumus mean, dan uji efektivitas dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI sekolah dasar. Berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media diperoleh skor validitas 1,00 dan memeroleh kriteria sangat valid. Berdasarkan penilaian guru e-modul dinyatakan praktis dengan skor rata-rata kepraktisan sebesar 87,67 dan tergolong kategori praktis. Berdasarkan hasil uji coba pada siswa, e-modul dinyatakan efektif meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI. dengan pemerolehan t hitung > t tabel yakni 19,3 > 1,67252 selain itu juga diperoleh nilai sig. (2-tailed) < 0,05 yakni 0,001 < 0,05 dengan effect size diperoleh hasil sebesar 2,53 yang tergolong tinggi. Jadi, e-modul interaktif pada topik sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari terbukti valid, praktis dan efektif meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul, Interaktif, Magnet |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I Made Candra Wahyudi Putra |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 03:54 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 03:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19065 |
Actions (login required)
View Item |