Candraswari, Ni Komang Triana (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC BERBANTUAN MEDIA QUESTION BOX TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SDN GUGUS I KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031046-COVER.pdf Download (927kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031046-ABSTRAK.pdf Download (608kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031046-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (561kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031046-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (721kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031046-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (802kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031046-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (756kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031046-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (542kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031046-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (651kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031046-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis Pelajaran IPAS siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran RADEC berbantuan media Question Box (2) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis Pelajaran IPAS siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model pembelajaran RADEC berbantuan media Question Box (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC berbantuan media Question Box terhadap kemampuan berpikir kritis pelajaran IPAS siswa kelas IV di Gugus 1 Kuta Utara Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu dengan rancangan desain penelitian non-equivalent control group desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di Gugus I Kuta Utara Tahun Ajaran 2023/2024 sebanyak 418 siswa. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling yang memperoleh kelas IV A SD No. 5 Dalung sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B SD No. 1 Dalung sebanyak 28 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes berbentuk uraian. Data kemampuan berpikir kritis yang diperoleh dari hasil post-test dianalisis dengan teknik statistika deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan Uji-t polled varians. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 3,45 > ttabel = 1,67356 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 28+28-2 = 54, hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis pelajaran IPAS siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran RADEC berbantuan media Question Box dengan siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model pembelajaran RADEC berbantuan media Question Box pada siswa kelas IV SDN Gugus 1 Kecamatan Kuta Utara tahun ajaran 2023/2024. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RADEC berbantuan media Question Box berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis pelajaran IPAS siswa kelas IV SDN Gugus 1 Kecamatan Kuta Utara tahun ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: RADEC, Media Question Box, Kemampuan Berpikir Kritis, Pelajaran IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Triana Candraswari |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 06:07 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 06:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19123 |
Actions (login required)
View Item |