Ayu Satriani Dewi, I Gusti (2024) STUDENTS’ PERCEPTION ON SELF-ASSESSMENT OF WRITING COMPETENCY AT SMP N 1 BUSUNGBIU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021236-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021236-ABSTRAK.pdf Download (219kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021236-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (251kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021236-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021236-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021236-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021236-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021236-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (288kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021236-LAMPIRAN.pdf Download (689kB) |
Abstract
Penilaian diri memberikan banyak manfaat dalam belajar bahasa Inggris, terutama dalam hal kemampuan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi siswa dan tantangan yang ditemukan siswa dalam penerapan self assessment pada kompetensi menulis di SMP Negeri 1 Busungbiu. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 7 dan 8 SMP Negeri 1 Busungbiu. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mendapatkan data akurat terkait persepsi siswa kemudian diikuti dengan wawancara semi terstruktur untuk mengetahui tantangan yang dihadapi oleh siswa. Pernyataan wawancara disesuaikan dengan teori dalam kuesioner. Pengumpulan data dari kuesioner dianalisis dengan menggunakan Excel untuk mengetahui median kuesioner. Dalam wawancara, data dianalisis dengan menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memiliki persepsi yang cenderung positif terhadap penerapan self assessment dalam kompetensi menulis yaitu sebagai sarana bagi siswa untuk merefleksi diri, membantu siswa meningkatkan kualitas tulisan mereka, mengembangkan ide menulis agar lebih percaya diri dan mandiri, membantu memonitor perkembangan mereka, membantu mencapai ekspektasi dalam peningkatan kemampuan menulis, dan sebagai pedoman untuk siswa. Siswa juga mengalami kendala dalam melaksanakan self assessment yaitu siswa masih bingung dengan tujuan dari self assessment, siswa merasa stress dan tertekan, serta siswa masih belum memahami mekanisme self assesmen sehingga cenderung kurang jujur dalam melakukan penilaian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Siswa, Asesmen Diri, Kompetensi Menulis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Satriani Dewi |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 07:39 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 07:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19174 |
Actions (login required)
View Item |