Idayanti, Ni Luh (2024) Pengembangan Panduan Konseling Cognitive Behavior dengan Teknik Bibliokonseling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229111003-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229111003-ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229111003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229111003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229111003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229111003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229111003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229111003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229111003-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Motivasi belajar sangat mempengaruhi keberhasilan siswa dalam menerima pelajaran dan sangat berdampak terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancang bangun buku panduan, mengetahui validitas isi, mengetahui kepraktisan, dan menguji efektivitas buku panduan konseling cognitive behavior dengan teknik bibliokonseling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP. Metode yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model 4D (Four D) yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974) yang terbatas pada pengujian validasi isi. Tiga orang pakar dan lima praktisi bimbingan konseling dilibatkan untuk menilai kelayakan buku panduan. Uji validitas isi buku panduan menggunakan content validity ratio (CVR) dan content validity index (CVI) Lawshe (1975). Teknik analisis yang digunakan untuk menguji keefektifan dari buku panduan konseling cognitive behavior dengan teknik bibliokonseling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu menggunakan Posttest – Only Control Group Design. Desain bentuk ini menggunakan pembanding, pengelompokan dilakukan secara random dan tidak diadakan pre-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) menghasilkan buku panduan konseling cognitive behavior dengan teknik bibliokonseling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP. (2) Hasil analisis CVR didapatkan nilai 24,7 dan nilai CVI sebesar 0,88 hal ini menunjukan bahwa buku panduan Valid. (3) Uji kepraktisan buku panduan atas penilaian 5 orang praktisi bimbingan dan konseling didapatkan nilai rata – rata 89% (praktis), yang artinya buku panduan ini praktis digunakan oleh guru bimbingan dan konseling. (4) Efektivitas buku panduan memperoleh nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi buku panduan konseling cognitive behavior dengan teknik bibliokonseling efektif meningkatkan motivasi belajar siswa SMP.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, teknik bibliokonseling, konseling cognitive behavior |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Bimbingan Konseling (S2) |
Depositing User: | Ni Luh Idayanti |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 02:13 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 02:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19194 |
Actions (login required)
View Item |