Rahayu, Kadek Galuh Andriasih (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229041029-COVER.pdf Download (567kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041029-ABSTRAK.pdf Download (147kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (254kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (696kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041029-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041029-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (296kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041029-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning berbantuan media visual terhadap kemampuan membaca pemahaman dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas II SD Gugus Srikandi Kecamatan Denpasar Timur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan single factor independent group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 297 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 62 siswa yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data dikumpulkan dengan tes kemampuan membaca pemahaman dan observasi keaktifan belajar siswa. Data dianalisis menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, secara simultan kemampuan membaca pemahaman dan keaktifan belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model project based learning berbantuan media visual secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional (Fhitung = 20,519 > Ftabel = 4,00 dan p < 0,05); kedua, kemampuan membaca pemahaman siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model project based learning berbantuan media visual secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional (Fhitung = 12,832 > Ftabel = 4,00 dan p < 0,05); ketiga, keaktifan belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model project based learning berbantuan media visual secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional (Fhitung = 32,663 > Ftabel = 4,00 dan p < 0,05). Jadi, model project based learning berbantuan media visual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman dan keaktifan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan membaca pemahaman, keaktifan belajar, model Project Based Learning Berbantuan Media Visual |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Kadek Galuh Andriasih Rahayu |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 01:52 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 01:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19205 |
Actions (login required)
View Item |