PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD

Rahayu, Kadek Galuh Andriasih (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229041029-COVER.pdf

Download (567kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229041029-ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (254kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041029-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229041029-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning berbantuan media visual terhadap kemampuan membaca pemahaman dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas II SD Gugus Srikandi Kecamatan Denpasar Timur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan single factor independent group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 297 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 62 siswa yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data dikumpulkan dengan tes kemampuan membaca pemahaman dan observasi keaktifan belajar siswa. Data dianalisis menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, secara simultan kemampuan membaca pemahaman dan keaktifan belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model project based learning berbantuan media visual secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional (Fhitung = 20,519 > Ftabel = 4,00 dan p < 0,05); kedua, kemampuan membaca pemahaman siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model project based learning berbantuan media visual secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional (Fhitung = 12,832 > Ftabel = 4,00 dan p < 0,05); ketiga, keaktifan belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model project based learning berbantuan media visual secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional (Fhitung = 32,663 > Ftabel = 4,00 dan p < 0,05). Jadi, model project based learning berbantuan media visual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman dan keaktifan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca pemahaman, keaktifan belajar, model Project Based Learning Berbantuan Media Visual
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Kadek Galuh Andriasih Rahayu
Date Deposited: 22 Feb 2024 01:52
Last Modified: 22 Feb 2024 01:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19205

Actions (login required)

View Item View Item