Pramesti, Kadek Sinta Ayu (2024) PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING COGNITIVE BEHAVIOR TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENURUNKAN PERUNDUNGAN PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 SERIRIT. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
22291110008-COVER.pdf Download (6MB) |
|
Text (ABSTRAK)
22291110008-ABSTRAK.pdf Download (265kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
22291110008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (352kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
22291110008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
22291110008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (814kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229111000-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (601kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
22291110008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
22291110008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (254kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
22291110008-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Perundungan telah dikenal sebagai masalah sosial dalam kalangan siswa di sekolah. Perundungan yang terjadi pastinya akan berdampak pada setiap yang terlibat baik itu pelaku, korban, maupun bystander. Perundungan merupakan masalah yang kompleks dan tidak hanya memiliki solusi tunggal yang efeektif untuk menanggulanginya. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah melalui pendidikan khususnya layanan konseling. Pengembangan produk panduan konseling cognitive behavior teknik assertive training untuk menurunkan kecenderungan perilaku perundungan siswa menggunakan desain 4D, yaitu 1) define (pendefinisian), 2) design (perancangan), 3) develop (pengembangan), 4) disseminate (penyebaran). Penilaian kepraktisan panduan konseling cognitive behavior teknik assertive training untuk menurunkan kecenderungan perilaku perundungan siswa oleh guru BK dengan rata-rata presentase 88,80% yang berarti panduan praktis digunakan oleh guru BK. Penilai kepraktisan oleh siswa dengan rata-rata presentase 90% yang berarti sangat praktis digunakan oleh siswa.Pemberian layanan bimbingan konseling dan media yang tepat berupa layanan konseling cognitive behavior teknik assertive training yang dikemas dalam buku panduan. Penilaian keefektifan dengan melakukan one group design pre-test post-test pada satu kelompok siswa diperoleh hasil nilai Sig=0,001 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa panduan konseling cognitive behavior teknik assertive training untuk menurunkan kecenderungan perilaku perundungan siswa efektif digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perundungan, teknik assertive training, konseling cognitive behavior |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Bimbingan Konseling (S2) |
Depositing User: | Kadek Sinta Ayu Pramesti |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 01:13 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 01:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19222 |
Actions (login required)
View Item |