Dewi, Ida Ayu Dian Citra (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS TPACK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS VIII KECAMATAN MENGWI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229041024-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041024-ABSTRAK.pdf Download (104kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (203kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (584kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041024-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041024-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041024-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan model Problem Based Learning berbasis TPACK terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus VIII Kecamatan Mengwi. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian posttest-only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD gugus VIII Kecamatan Mengwi, yang terdiri dari 226 orang siswa. Sebanyak 51 siswa, dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik group random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar IPA siswa dan metode non tes berupa angket untuk mengukur minat belajar IPA siswa. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Manova satu jalur berbantuan program IBM SPSS Statistic 25.00 for Windows. Penelitian menghasilkan beberapa penemuan Pertama, terdapat perbedaan minat belajar antara siswa yang mengikuti model Problem Based Learning berbasis TPACK dengan siswa yang tidak mengikuti model Problem Based Learning di kelas V SD Gugus VIII Kecamatan Mengwi, baik secara simultan maupun secara terpisah. kedua, berdasarkan uji LSD terdapat pengaruh yang signifikan lebih besar rata-rata minat belajar dan hasil belajar IPA siswa yang mengikuti model Problem Based Learning berbasis TPACK dibandingkan dengan siswa yang tidak mengikuti model Problem Based Learning. Berdasarkan temuan-temuan tersebut disimpulkan bahwa Problem Based Learning berbasis TPACK berpengaruh positif terhadap minat belajar dan hasil belajar IPA siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, TPACK, minat belajar, hasil belajar IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ida Ayu Dian Citra Dewi |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 12:19 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 12:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19224 |
Actions (login required)
View Item |