PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS I SIDEMEN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Alit Wijanegara, I Wayan (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS I SIDEMEN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2229041003-COVER.pdf

Download (801kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229041-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2229041003-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (238kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2229041003-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
2229041003-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMABAHASAN)
2229041003-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2229041003-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229041003-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Alit Wijanegara, I Wayan (2023), Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Nyoman Dantes dan Pembimbing II: Prof. Drs. Sariyasa, MSc.,Ph.D Kata-kata kunci: Pembelajaran kooperatif, Jigsaw , minat, hasil belajar IPA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus I Sidemen.Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V Gugus I Sidemen sebanyak 157 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Sampel penelitian ini untuk kelas eksperimen yaitu, SDN 2 Sinduwati terdiri dari 13 orang, SDN 3 Sinduwati terdiri dari 13 orang, dan SDN 1 Telaga Tawang terdiri dari 37 orang. Untuk kelas kontrol SDN 1 Sidemen terdiri dari 18 orang, SDN 3 Sidemen terdiri dari 17 orang, SDN 4 Sidemen terdiri dari 23 orang. Desain penelitian yang digunakan yaitu posttest only control group design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengukur minat dan tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap minat siswa kelas V SD Gugus I Sidemen. Kedua terdapat pegaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus I Sidemen. Ketiga terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap minat dan hasil belajar pada siswa kelas V SD Gugus I Sidemen. Saran dari penelitian ini kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajara IPA, memperhatikan kelompok agar tetap fokus pada tujuan pembelajaran. Perlu juga dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi minat dan hasil belajar IPA.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif, Jigsaw , minat, hasil belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Wayan Alit Wijanegara
Date Deposited: 22 Feb 2024 03:14
Last Modified: 22 Feb 2024 03:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19248

Actions (login required)

View Item View Item