Alit Wijanegara, I Wayan (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS I SIDEMEN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
2229041003-COVER.pdf Download (801kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041-ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2229041003-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (238kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2229041003-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
2229041003-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMABAHASAN)
2229041003-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
2229041003-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (145kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041003-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Alit Wijanegara, I Wayan (2023), Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Nyoman Dantes dan Pembimbing II: Prof. Drs. Sariyasa, MSc.,Ph.D Kata-kata kunci: Pembelajaran kooperatif, Jigsaw , minat, hasil belajar IPA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus I Sidemen.Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V Gugus I Sidemen sebanyak 157 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Sampel penelitian ini untuk kelas eksperimen yaitu, SDN 2 Sinduwati terdiri dari 13 orang, SDN 3 Sinduwati terdiri dari 13 orang, dan SDN 1 Telaga Tawang terdiri dari 37 orang. Untuk kelas kontrol SDN 1 Sidemen terdiri dari 18 orang, SDN 3 Sidemen terdiri dari 17 orang, SDN 4 Sidemen terdiri dari 23 orang. Desain penelitian yang digunakan yaitu posttest only control group design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengukur minat dan tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap minat siswa kelas V SD Gugus I Sidemen. Kedua terdapat pegaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus I Sidemen. Ketiga terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap minat dan hasil belajar pada siswa kelas V SD Gugus I Sidemen. Saran dari penelitian ini kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajara IPA, memperhatikan kelompok agar tetap fokus pada tujuan pembelajaran. Perlu juga dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi minat dan hasil belajar IPA.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran kooperatif, Jigsaw , minat, hasil belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I Wayan Alit Wijanegara |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 03:14 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 03:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19248 |
Actions (login required)
View Item |