PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAME TOURNAMENT BERBASIS PEMECAHAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V SD DI GUGUS 1 KECAMATAN BANGLI

Dewi, I Gusti Ayu Sri Trisna (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAME TOURNAMENT BERBASIS PEMECAHAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V SD DI GUGUS 1 KECAMATAN BANGLI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229041059-COVER.pdf

Download (468kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229041059-ABSTRAK.pdf

Download (41kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041059-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (136kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041059-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041059-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041059-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041059-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041059-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229041059-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan kolaborasi antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament berbasis pemecahan masalah dan kemampuan kolaborasi kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament berbasis pemecahan masalah pada muatan pelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas V SD di Gugus I Kecamatan Bangli, 2) untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament berbasis pemecahan masalah dan hasil belajar kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament berbasis pemecahan masalah pada muatan pelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas V SD di Gugus I Kecamatan Bangli, 3) untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan kolaborasi dan hasil belajar antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament berbasis pemecahan masalah dan kemampuan kolaborasi dan hasil belajar kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament berbasis pemecahan masalah pada muatan pelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas V SD di Gugus I kecamatan Bangli. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD negeri di Gugus 1 Kecamatan Bangli yang berjumlah 125 siswa. Dari jumlah tersebut akan diambil sampel sebanyak 25% dari jumlah seluruh populasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling dengan cara mengundi nama-nama sekolah yang ada di Gugus 1 kecamatan Bangli. Adapun yang terpilih menjadi sampel adalah siswa kelas V di SD Negeri 2 Bunutin yang berjumlah 21 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V di SD Negeri 1 Tamanbali yang berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan yaitu post-test only non equivalent control group design. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Data dianalisis dengan menggunakan Manova hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan kolaborasi antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament berbasis pemecahan masalah dan kemampuan kolaborasi kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament berbasis pemecahan masalah pada muatan pelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas V SD di Gugus I Kecamatan Bangli pada nilai sig.0,000>0,05. (2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament berbasis pemecahan masalah dan hasil belajar kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament berbasis pemecahan masalah pada muatan pelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas V SD di Gugus I Kecamatan Bangli pada nilai sig.0,000>0,05. (3) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan kolaborasi dan hasil belajar antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan modelpembelajaran kooperatif Team Game Tournament berbasis pemecahan masalah dan kemampuan kolaborasi dan hasil belajar kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament berbasis pemecahan masalahpada muatan pelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas V SD di GugusI kecamatan Bangli pada nilai sig.0,000>0,05. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament berbasis pemecahan masalah berpengaruh positif terhadap kemampuan kolaborasi dan hasil belajar Pendidikan Pancasila

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Team Games Tournament, berbasis pemecahan masalah, kemampuan kolaborasi, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Gusti Ayu Sri Trisna Dewi
Date Deposited: 22 Feb 2024 00:24
Last Modified: 22 Feb 2024 00:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19260

Actions (login required)

View Item View Item