Wartama, I Ketut Eli (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP SELF REGULATED LEARNING DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229041041-COVER.pdf Download (719kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041041-ABSTRAK.pdf Download (240kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041041- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (337kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041041-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (582kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041041-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (801kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041041-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (830kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041041-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041041-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (417kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041041-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together terhadap Self Regulated Learning dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan yaitu post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus IV Kecamatan Sidemen yang berjumlah 101 siswa. Banyaknya sampel berjumlah 81 siswa yang diambil dengan teknik Random Sampling. Data dikumpulkan dengan Angket Self Regulation Learning dan Tes Hasil Belajar IPA siswa. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, kemampuan Self Regulation Learning siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together secara signifikan lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (Fhitung = 65,277 > Ftabel = 3,96 dengan signifikansi 0,000<0,05); kedua, Hasil Belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together secara signifikan lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (Fhitung = 4,628 > Ftabel = 3,96 dengan signifikansi 0,035<0,05); ketiga, secara simultan kemampuan Self Regulation Learning dan Hasil Belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together secara signifikan lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Jadi, model Model Pembelajaran Numbered Head Together memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Self Regulated Learning dan Hasil Belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran Numbered Head Together, Self Regulated Learning, hasil belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I Ketut Eli Wartama |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 00:59 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 00:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19265 |
Actions (login required)
View Item |