LESTARI, NI PUTU YENI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM ORGAN MANUSIA PADA SISWA KELAS V SD. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
2229041042_COVER.pdf Download (906kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041042_ABSTRAK.pdf Download (562kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2229041042_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (747kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2229041042_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (970kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2229041042_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041042_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
2229041042_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (579kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041042_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (714kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041042_LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Lestari, Ni Putu Yeni (2024), Pengembangan Media Interaktif Berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Organ Manusia pada Siswa Kelas V SD. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh pembimbing I: Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si. dan Pembimbing II: Prof. Dr. I Made Candiasa, M.I.Kom. Kata-kata kunci: media interaktif, web, hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rancang bangun serta menguji validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari media interaktif berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar sistem organ manusia pada siswa kelas V SD. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Subyek uji coba penelitian ini siswa pada SD gugus II Kecamatan Klungkung. Pengembangan media interaktif ini melalui proses validasi materi dan media dengan menggunakan lembar validasi Learning Object Review Instrument (LORI) dan uji kepraktisan menggunakan User Experience Questionaire (UEQ). Uji efektivitas dilakukan melalui eksperimen semu, dengan hasil belajar diukur menggunakan tes objektif yang telah diuji secara empiris dengan uji validitas isi, reliabilitas, daya pembeda butir soal, dan tingkat kesukaran. Media interaktif berbasis web dikembangkan dengan memanfaatkan software power point dengan memanfaatkan hyperlink, yang selanjutnya diubah menjadi html menggunakan software iSpring Suite 9, serta sudah dipromosikan menjadi website melalui hosting web menggunakan hosting web. Validitas materi memperoleh skor 4,5 pada kategori sangan tinggi serta validitas media memperoleh skor 4,6 pada kategori sangat tinggi. Uji kepraktisan media interaktif oleh guru memperoleh skor 3,92 dengan klasifikasi sangat baik. Uji kepraktisan media interaktif oleh siswa memperoleh skor 2,21 dengan kategori sangat baik. Uji efektivitas diukur menggunakan rumus N-Gain dan uji-t. Uji efektivitas berdasarkan N-Gain memperoleh skor 0,76 dengan kategori sangat efektif. Uji efektivitas berdasarkan rumus uji-t dengan sig.<0,05 yang menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media interaktif berbasis web. Hal ini menunjukkan media interaktif berbasis web mampu meningkatkan hasil belajar sistem organ manusia pada siswa kelas V SD. Berdasarkan hal tersebut, media interaktif berbasis web dinyatakan layak dengan pertimbangan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada ranah kognitif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media interaktif, web, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Putu Yeni Lestari |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 22:36 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 22:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19275 |
Actions (login required)
View Item |