Tirtawati, Sang Ayu Ketut (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBANTUAN LAGU DAERAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS IV KECAMATAN KUTA SELATAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031273-COVER.pdf Download (849kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031273-ABSTRAK.pdf Download (500kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031273-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (399kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031273-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (678kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031273-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (684kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031273-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (606kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031273-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031273-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (498kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031273-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan lagu daerah terhadap motivasi belajar IPA Kelas V SD Negeri Gugus IV Kecamatan Kuta Selatan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus IV Kecamatan Kuta Selatan Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 10 kelas dengan jumlah siswa yaitu 265 siswa. Seluruh populasi disetarakan dengan Uji Anava. Setelah populasi dinyatakan setara, pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik cluster random sampling dengan cara diundi. Hasil pengundian bahwa SD No. 4 Jimbaran dengan jumlah siswa 25 sebagai kelas kontrol dan SD No. 7 Jimbaran dengan jumlah siswa 27 sebagai kelas eskperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode non-tes berupa kuesioner, data diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t didapatkan harga ttabel, dengan dk = 27 + 25 – 2 = 50 dan taraf signifikansi 5 % sehingga diperoleh harga ttabel, = 2,0086 dan hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa thitung = 26,1634. Sehingga thitung > ttabel (26,1634 > 2,0086) yang menyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata gain skor motivasi belajar IPA siswa kelompok eksperimen yaitu 0,7719 lebih besar dari pada kelompok kontrol yaitu 0,4058. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan lagu daerah berpengaruh terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus IV Kecamatan Kuta Selatan Tahun Ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick, Lagu Daerah, Motivasi Belajar IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Sang Ayu Ketut Tirtawati |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 04:29 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 04:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19286 |
Actions (login required)
View Item |