Yogi, I Ketut Nandika Dharma (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229041053-COVER.pdf Download (517kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041053-ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041053-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (163kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041053-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041053-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041053-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041053-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041053-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (212kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041053-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan efektivitas media video pembelajaran IPAS berbasis model inkuiri terbimbing pada materi perubahan wujud zat untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa rancang bangun media video pembelajaran IPAS berbasis model inkuiri terbimbing yang telah melalui beberapa tahapan uji produk meliputi uji validitas, uji kepraktisan dan uji efektivitas. Adapun hasil yang diperoleh yaitu: (1) Berdasarkan hasil validitas oleh 2 ahli materi pembelajaran memperoleh persentase 91,65 dengan kualifikasi sangat valid; dan hasil validitas oleh 2 ahli media pembelajaran memperoleh persentase 95 dengan kualifikasi sangat valid; (2) Berdasarkan uji kepraktisan yang oleh 3 orang guru dan 6 orang siswa masing-masing mendapatkan hasil persentase sebesar 96,96 dan 97,34 dengan kualifikasi sangat praktis; dan (3) Perolehan nilai t-hitung sebesar 14,130 sedangkan nilai t-tabel sebesar 2,282, dengan artian t-hitung > t-tabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Serta hasil uji efektivitas yang dilakukan oleh 84 orang siswa meliputi hasil pretest sebesar 61,00 dengan kriteria rendah meningkat padah hasil posttest sebesar 76,19 dengan kriteria sedang yang menunjukkan bahwa media video pembelajaran ini efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran IPAS berbasis model inkuiri terbimbing pada materi perubahan wujud zat valid, praktis dan efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Video Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing, Perubahan Wujud Zat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I Ketut Nandika Dharma Yogi |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 01:37 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 01:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19296 |
Actions (login required)
View Item |