Sumerini, Ni Luh (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN POJOK BACA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III DI SD GUGUS II KECAMATAN KARANGASEM. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229041001-COVER.pdf Download (636kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041001-ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (136kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGGI PENELITIAN)
2229041001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (109kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041001-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbantuan pojok baca terhadap minat dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III di SD Gugus II Kecamatan Karangasem. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di SD Gugus II Kecamatan Karangasem sebanyak 196 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah SD Negeri 5 Subagan terdiri dari 28 orang, SD Negeri 6 Subagan terdiri dari 26 orang, dan SD Negeri 1 Pertima terdiri dari 13 orang sebagai kelas eksperimen. SD Negeri 4 Pertima terdiri dari 30 orang, SD Negeri 4 Bugbug terdiri dari 24 orang, dan SD Negeri 5 Bugbug terdiri dari 12 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengukur minat belajar siswa dan tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar Bahasa Indonesia. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA berbantuan program SPSS statistik 16.00 for windows. Penelitian menghasilkan beberapa temuan pertama, terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbantuan pojok baca terhadap minat belajar siswa. Kedua, terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbantuan pojok baca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Ketiga, terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbantuan pojok baca terhadap minat dan hasil belajar Bahasa Indonesia. Saran dari penelitian ini bagi siswa siswa menjadi lebih tertarik dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write berbantuan pojok baca sehingga minat dan hasil belajar yang dicapai lebih optimal. Bagi guru selalu berinovasi dalam menerapkan model-model pembelajaran yang digunakan sesuai dengan kebutuhan belajar siswa, sehingga pembelajaran yang dilakukan lebih bermakna. Peneliti lain yang berminat disarankan untuk mencermati aspek lain dari model Think Talk Write agar memberi manfaat yang lebih banyak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Think Talk Write, minat, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Luh Sumerini |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 13:10 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 13:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19312 |
Actions (login required)
View Item |