Ayuningtias, Ni Komang Arysta Tri (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MATERI TRANSFER ENERGI ANTAR MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229041047-COVER.pdf Download (107kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041047-ABSTRAK.pdf Download (127kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (111kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041047-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041047-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041047-LAMPIRAN.pdf Download (591kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada pembelajaraan IPA siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap utama yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas V, sedangkan objek penelitian ini ialah validitas dan kepraktisan dan keefektifan E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing. Metode pengumpulan data ialah metode kuesioner. Untuk mengukur validitas E-LKPD ini diisi oleh dua orang dosen sebagai ahli media dan dua dosen sebagai ahli materi untuk lembar penilaian kepraktisan diisi dari dua guru dan sepuluh siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rancang bangun E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing ini valid dan efektif dalam meningkatkan siswa dapat menemukan sendiri dari melakukan percobaan sehingga pembelajaraan menjadi bermakna dan berpusat pada siswa. Materi pembelajaran dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, agar E-LKPD lebih menarik dan menciptakan pengalaman belajar secara langsung kepada siswa. E-LKPD telah diujicobakan untuk mengetahui validitas materi,validitas desain, dan validitas media dan uji coba memiliki tujuan guna mendapatkan kepraktisan dan keefektifan dari E-LKPD. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing tergolong valid dari segi isi. kepraktisan dari sisi guru diperoleh skor 4,79 tergolong sangat praktis, sedangkan kepraktisan dari sisi peserta didik diperoleh skor 4,91 tergolong sangat praktis. Akhirnya, dari segi efektivitas diperoleh persentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 100%. Jadi dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing ini efektif digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, E-LKPD, berbasis Inkuiri Terbimbing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Komang Arysta Tri Ayuningtias |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 05:12 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 05:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19322 |
Actions (login required)
View Item |