Ahmad, Zaqinah (2024) PENGARUH MODEL PjBL DAN MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA KELAS V SD DI KOTA KUPANG. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229041045-COVER.pdf Download (654kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041045-ABSTRAK.pdf Download (213kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041045-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (176kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041045-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041045-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041045-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041045-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041045-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (252kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041045-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas antara model pembelajaran PjBL dan Problem Solving mata pelajaran pendidikan Pancasila pada Kelas V SD di Kota Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain non equevalent Post test only control group desing terdiri dari dua kelompok belajar yang merupakan kelompok eksperimen dan kedua terdiri dari satu kelompok belajar yang merupakan kelompok kontrol. Metode pegumpulan data yang di gunakan yaitu berupa tes Kemampuan Berpikir Kreatif dan tes Keterampilan Computational Thinking. Setelah malakukan tes data tersebut di lakukan pengujian menggunakan tes MANOVA. Hasil pengukuran menunjukkan Ha diterima dengan terdapat perbedaan pengaruh nilai Kemampuan Berpikir Kreatif siswa serta didapatkan hasil nilai rata-rata siswa yang mengikuti model pembelajaran PjBL sebesar 78,86, model Pembelajaran Problem Solving mendapatkan nilai rata-rata 78,64 dan pembelajaran konvensional mendapatkan nilai rata-rata sebesar 65,45. Serta dalam nilai pengukuran terdapat perbedaan pengaruh nilai Keterampilan Computational Thinking siswa di dapatkan nilai rata-rata yang menggunakan model pembelajaran PjBL sebesar 77,09, model pembelajaran Problem Solving mendapatkan nilai rata-rata 73,18 dan pembelajaran konvensional mendapatkan nilai rata-rata sebesar 62,18. Jadi dapat di simpulkan berupa hasil pengukuran nilai Kemampuan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Computational Thinking siswa secara keseluruhan menunjukkan terdapat perbedaan secara simultan antara kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan Computational Thinking siswa yang mengikuti model pembelajaran Project Based Learing (PjBL), Model Pembelajaran Problem Solving dengan pembelajaran Konvensional pada siswa kelas V SD di Kota Kupang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PjBL, Problem Solving, Berpikir Kreatif, Computational Thinking |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Zaqinah Ahmad |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 05:15 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 05:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19324 |
Actions (login required)
View Item |